Scroll to Top

Google Meluncurkan Layanan Short URL Barunya

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 19 Jul 2011

Google mengikuti jejak beberapa situs yang lebih dulu menggunakan layanan short URL yaitu .co seperti Twitter yang memiliki t.co, atau Amazon yang memiliki a.co. Google sendiri tentunya memilih g.co untuk dirinya namun belum jelas berapa biaya yang dikeluarkan Google demi domain ini.

Keuntungan jika memakai layanan short URL ini adalah anda bisa mempersingkat tautan milik anda yang mungkin saja sangat panjang sehingga tidak praktis. Bagi perusahaan besar seperti Google misalnya, Google bisa menjamin keamanan dari suatu tautan (agar tidak mengarah ke situs berbahaya berisi malware dan semacamnya) sebagaimana hanya mereka (pemilik short URL dalam contoh ini adalah Google) yang bisa menggunakan URL ini. Lagipula g.co ini menandakan tautan yang hanya berkaitan dengan web-page dari bermacam produk Google.

Pada 2009, Google sebenarnya sudah memiliki short URL sendiri yaitu goo.gl dan tetap terus digunakan bagi siapa saja yang ingin meringkas URL. Kelihatannya Google membeli g.co agar dikhususkan pada segala layanan berbasis Google semata.

Dikutip dari Geek, Google sendiri belum memberi keterangan bagaimana format short URL baru ini di masing-masing layanannya, ambil contoh YouTube, dimana short URL adalah:

http://g.co/QH2-TGUlwu4

atau bisa juga:

http://g.co/yt/QH2-TGUlwu4

Yang jelas, hal ini melegakan pengguna seperti kita semua karena short URL dari Google ini tak akan menggiring kita ke jebakan situs malware yang umumnya muncul pada short URL lain atau membuat spam dengan layanan short URL.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda