Scroll to Top

Nano SIM Card, Kartu SIM Berukuran Super Mini Siap Digunakan

By Baihaki / Published on Saturday, 02 Jun 2012

SIM Card Berukuran Super Kecil

 

Jika Anda merasa sebuah micro SIM card yang ada pada iPhone terlalu kecil, tunggu hingga Anda melihat nano SIM card. Sebuah kabar terbaru yang dilansir dari Ubergizmo mengatakan bahwa SIM card yang memiliki ukuran sangat kecil ini siap digunakan.

Dalam kabar tersebut, European Telecommunications Standard Institute (ETSI) yang merupakan organisasi yang berperan penting dalam menangani permasalahan telekomunikasi di Eropa sudah memberikan persetujuan terhadap teknologi tersebut. Dengan adanya persetujuan tersebut, maka tak lama lagi penggunaan nano SIM cad ini tinggal menunggu waktu.

Ditilik dari ukuran, nano SIM card ini memang memiliki ukuran yang super kecil. Bahkan kalau Anda membandingkannya dengan micro SIM, maka nano SIM ini berukuran 40 persen lebih kecil. Pihak ETSI telah menetapkan bahwa nano SIM card ini bakal memiliki panjang 12.3 mm dengan lebar 8.8 mm. Sedangkan untuk ketebalan, nano SIM card ini memiliki ukuran yang sama dengan desain SIM card lain, yakni 0.67 mm.

Lalu, bagaimana dengan para produsen handphone? Sebelumnya, para produsen handphone terkemuka dunia, seperti Motorola, Nokia dan Research in Motion (RIM) telah berlomba – lomba mengajukan desain nano SIM miliknya. Tak hanya itu, sebagai bentuk dukungan terhadap penggunaan nano SIM card ini, Nokia dalam pernyataannya yang dikutip Sidomi dari The Verge mengungkapkan bahwa mereka kini tengah menyiapkan proses paten yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda