Scroll to Top

270 Juta Warga Facebook Inginkan Perubahan Aturan Privasi Data

By Ditya / Published on Saturday, 02 Jun 2012

Facebook Digugat Investor

Situs jejaring sosial terbesar, Facebook, dikabarkan membuka voting untuk perubahan kebijakan privasi data pengguna yang tercantum dalam Data Use Policy and Statement of Rights.

berbagai usulan mengenai perubahan kebijakan privasi data di Facebook ini telah diusulkan oleh warga Facebook pada tanggal 1 Juni kemarin.

Menggunakan asas demokrasi, sekitar 30 persen dari seluruh pengguna Facebook atau sekitar 270 juta pengguna akan berpartisipasi dalam voting yang diselenggarakan oleh Facebook.

Kelompok organisasi pengguna yang menjunjung tinggi privasi data termasuk komisim perlindungan data Irlandia telah menghimbau dan Facebook selama beberapa tahun terakhir ini dalam rangka perubahan kebijakan privasi data dan hak pengguna.

Sekelompok mahasiswa asal Austria yang dipimpin oleh Max Schrems mulai berkampanye untuk mendorong perusahaan agar merubah aturan privasi data pengguna.

Seperti yang kita ketahui, Facebook memiliki banyak data-data pribadi pengguna dan pihaknya bebas menggunakan data-data tersebut untuk kepentingannya.

Pada bulan Mei lalu, Facebook memposting usulan untuk revisi kebijakan penggunaan data dan pernyataan mengenai hak dan peraturan dan meminta penggunanya untuk berkomentar secara terbuka.

“Sebagian besar perubahan yang diajukan merupakan penjelasan tambahan dari praktek saat ini dan bukan perubahan substansif dalam bagaimana kami menggunakan data pengguna,” kata juru bicara Facebook.

Aktivis yang mendukung perubahan aturan privasi data mendorong agar Facebook memberikan akses penuh pada pengguna terhadap data-datanya sendiri serta memberi akses bagi pengguna untuk menghapus data miliknya sendiri.

270 juta orang pengguna Facebook turut serta dalam voting ini dan sebagian besar dari mereka menginginkan perubahan aturan penggunaan data pengguna oleh Facebook.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Facebook dikabarkan menanggapi secara resmi mengenai hal ini dan mengungkapkan bahwa pihak Facebook merasa senang dengan umpan balik yang diberikan pengguna mengenai usulan perubahan privasi data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda