Scroll to Top

Politik Media Sosial

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 19 Jul 2011

politweetPemilihan Umum Indonesia tahun 2014 memang masih 2 tahun lagi. Akan tetapi ide pemanfaatan media sosial dalam rangka menyambut Pemilu ini bisa ditiru. Seperti yang sedang direncanakan media televisi Amerika Serikat NBC yang akan menggunakan Facebook dalam rangka menyiarkan debat presidensial tahun depan.

Dilihat dari trend nya, media sosial tampaknya akan semakin banyak dimanfaatkan oleh pelaku politik. Aktifitas politik paling terkini yang berhubungan dengan media sosial adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang membuka akun Twitter agar dapat lebih dekat berhubungan dengan masyarakat. Dan di Indonesia ada Roy Suryo yang memanfaatkan Twitter nya untuk sarana kampanye.

Dan kali ini, NBC rencananya akan menyiarkan program debat presidensialnya, sedangkan Facebook juga akan menayangkannya secara live streaming.

Seperti pada pemilu periode yang lalu di Indonesia, program debat presidensial cukup mendapat perhatian masyarakat luas. Yang berbeda kali ini, jika kita mengadopsi ide dari Amerika untuk juga menayangkannya secara live streaming melalui media sosial seperti Facebook, akan lebih banyak pemirsa yang terjaring dan ikut menikmatinya.

Sesuai dengan tujuannya, dengan diadakannya debat presidensial, diharapkan para calon pemilih dapat mengetahui visi dan misi serta tindakan apa yang akan diambil calon-calon presiden tersebut atas beberapa permasalahan yang  diajukan oleh mediator dalam acara itu.

Sebenarnya sudah ada beberapa media online lain yang pada pemilu periode yang lalu juga menampilkan debat presidensial kala itu. Sebut saja website Liputan6 SCTV ataupun MetroTV. Dan video unggahannya dapat juga ditonton di YouTube. Akan tetapi kepopuleran Facebook yang melebihi beberapa media tersebut diatas mempunyai nilai lebih tersendiri.

Jadi, dengan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang mayoritas memanfaatkan Facebook sebagai salah satu media bersosialisasinya, bukan tidak mungkin pengajaran politik bisa dilakukan lebih luas dan tepat sasaran di media ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda