Scroll to Top

Facebook Tertarik Akuisisi RIM BlackBerry?

By Ditya / Published on Saturday, 02 Jun 2012

BlackBerry Facebook

Belum selesai tentang pemberitaan akuisisi Opera Software yang nilainya ditaksir hingga $1,4 miliar, Facebook kembali dikabarkan tertarik mengakuisisi RIM (Research In Motion), pembuat smartphone BlackBerry.

Seperti yang dikutip dari VR-Zone, jika memang benar Facebook mengakuisisi Opera dan RIM BlackBerry, tentu bisnis jejaring sosial populer makin melebar ke pasar browser dan smartphone.

Perkembangan Facebook memang  cukup cepat, sebelum tahun 2006, Facebook hanyalah proyek seorang mahasiswa Harvard, namun kini telah berkembang dengan 900 juta pengguna dan mengakuisisi berbagai perusahaan.

Sebelumnya raksasa jejaring sosial ini telah mengakuisisi Instagram senilai $1 miliar dan saat ini dikabarkan masih dalam proses akuisisi Opera Software dengan nilai $1,4 miliar.

Lalu bagaimana dengan RIM BlackBerry? Nilai kapitalisasi RIM mencapai $5,2 miliar, 5x dari nilai akuisisi Instagram.

Salah satu hal yang membuat nilai saham Facebook melorot menurut analis karena Facebook tidak memiliki suatu produk yang nyata. 82% pendapatan Facebook berasal dari iklan, inilah yang membuat Facebook dijauhi investor.

Lihatlah Microsoft, raksasa software ini memiliki Xbox sebagai produk fisik yang nyata. Google, raksasa mesin pencari ini memiliki brand Nexus dan baru saja mengakuisisi Motorola.

Bagaimana dengan Facebook? jejaring sosial ini dikabarkan akan menyiapkan sebuah produk smartphone dengan bantuan bekas insinyur Apple.

Melalui akuisisi RIM, diharapkan akan membantu Facebook untuk proyek smartphone-nya yang diperkirakan akan diluncurkan tahun depan.

Sementara RIM sendiri sedang mengalami banyak masalah. Beberapa petinggi RIM pergi, ribuan stok BlackBerry menumpuk karena tidak lagu dan pesona produk BlackBerry sendiri sudah tenggelam oleh Android dan iOS.

Harapan RIM untuk tetap bertahan adalah BlackBerry 10 namun jika memang Facebook benar-benar akan mengakuisisi RIM, tentu akan akan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda