Scroll to Top

Hasil Pertandingan Persahabatan: Belanda vs Irlandia Utara 6-0

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 03 Jun 2012

Belanda vs Irlandia Utara 6-0

6 gol disarangkan Belanda ketika menjamu Irlandia Utara di Amsterdam dalam pertandingan persahabatan. Robin Van Persie dan Ibrahim Afellay sama-sama mencetak 2 gol.

Ditekuk 1-2 oleh Bulgaria di pertandingan internasional terakhirnya, Belanda tancap gas untuk merebut kembali simpati pendukung mereka. Di hadapan sekitar 50000 penonton di Amsterdam ArenA, Robin Van Persie dkk. mencukur Irlandia Utara, negara yang tak masuk Euro 2012, dengan skor telak 6-0.

Pesta sudah dimulai sejak menit 11. Umpan satu-dua antara Wesley Sneijder dan Mark Van Bommel yang berawal dari tendangan sudut, dikirimkan Sneijder ke kotak penalti. Dari sudut yang agak tidak mungkin, Robin Van Persie melepaskan tandukan ke sudut dekat gawang Irlandia Utara yang dijaga Lee Camp.

Empat menit berselang, bola mati kembali menjadi trauma bagi tim tamu. Sneijder yang mengeksekusi tendangan bebas, melepaskan bola ke sudut kanan gawang Camp. Meskipun terbang, sang kiper tak mampu menaklukkan bola yang dengan mudah melewati pagar betis yang diam membisu. Dua gol dan dua kesalahan elementer tim tamu, membawa Belanda semakin percaya diri.

Setengah jam laga berlalu, tim Oranje memperbesar keunggulan. Shane Ferguson melakukan hand ball di kotak terlarang, dan Robin Van Persie mengirim bola ke sudut kiri bawah gawang lawan, sementara Lee Camp, kali ini bergerak ke arah berlawanan.

Belanda vs Irlandia Utara 6-0 (1)

Menit 37, Ibrahim Afellay menambah gol. Sempat cedera sekian bulan, pemain sayap Barcelona menang bukan pilihan utama di skuad Catalan. Namun, di timnas, ia menunjukkan kualitasnya. Tusukan tajam Arjen Robben mengarah pada Robin Van Persie. Penyerang Arsenal melihat celah dan pergerakan Afellay. Bola pun disodorkan kepada pemain bernomor punggung 20 untuk ditembakkan ke sudut kanan gawang Irlandia Utara.

Enam menit babak kedua dimulai, Afellay kembali menjadi pembobol gawang lawan. Dimulai dari aksi Arjen Robben yang mengirim bola ke kotak penalti, Robin Van Persie tak menembaknya. Bola justru diumpankan ke luar daerah 16 meter. Afellay melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Lee Camp.

Belanda vs Irlandia Utara 6-0 (2)

Horor masih berlanjut bagi Irlandia Utara. Menit 78, tendangan sudut Ibrahim Afellay ditanduk Ron Vlaar, benteng kokoh Feyenoord, dengan begitu mudah ke sudut dekat. 6-0, Belanda menunjukkan kepada lawan-lawan mereka di Grup B Euro 2012 bahwa peluang memperbaiki catatan Euro 2000 —ketika lolos ke semifinal dan dikandaskan Italia dalam drama adu penalti– bisa saja tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda