Scroll to Top

Kebutaan Bisa Ancam Anak yang Obesitas

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 03 Jun 2012

obesitas

Waspadai kalau anak Anda memiliki kondisi tubuh yang cenderung obesitas. Kondisi tersebut memungkinkan anak terkena idiopathic intracranial hypertension (IIH), yaitu penyakit langka yang dapat mengakibatkan kebutaan. Demikian menurut studi dari Kaiser Permanente Los Angeles Medical Center Neurology Department.

Anak-anak obesitas cenderung punya gangguan neurologi IIH.  Pada sebuah studi lintas seksi, 900 ribu anak berusia 2-19 tahun, ditemukan 78 kasus yang mengalami IIH. Kebanyakannya dialami anak-anak dengan berat badan berlebih. Sementara itu, 85 persen yang mengalami IIH adalah wanita usia 11-19 tahun. Dan, 73 persen dari mereka mengalami obesitas.

Orang yang mengalami IIH akan mengalami peningkatan tekanan pada otak. Gejala yang muncul adalah sakit kepala, pandangan kabur, mual, dan kelainan gerak mata. Kebutaan bisa dialami pasien IIH hingga tingkatan 10 persen. Bila tidak ditangani serius bisa makin memburuk.

“Anak obesitas kembali terbukti berhubungan dengan penyakit serius,” kata Sonu M. Brara, MD, pemimpin studi. “Penelitian ini adalah bukti terkuat hingga saat ini. Obesitas yang berhubungan dengan IIH pada anak-anak-itu juga menunjukkan bahwa epidemi obesitas kemungkinan akan menyebabkan peningkatan morbiditas dari IIH, termasuk kebutaan,” lanjutnya.

Studi ini dipublikasikan dalam The Journal of Pediatrics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda