Scroll to Top

Baidu Melakukan Kerjasama Dengan Perusahaan Rekaman

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 19 Jul 2011

Baidu, search engine populer dari Cina, melakukan kesepakatan mengenai distribusi musik digital dengan tiga perusahaan rekaman besar dunia demi menghadapi pembajakan musik.

Baidu mencapai kesepakatan perjanjian dalam streaming dan download musik internasional ataupun Cina dari One-Stop China, sebuah perusahaan joint venture dari Universal Music, Warner Music, dan Sony Music. Baidu akan mendapat lisensi dari rilis dan katalog terbaru, dan membayar royalti kepada mereka untuk tiap lagu yang dimainkan atau diunduh.

Lalu bagaimana pengguna Baidu mengakses musik tersebut? Jawabannya adalah Ting, social music platform yang membuat pengguna bisa mencari track yang ingin mereka dengar melalui streaming.

“Kesepakatan semacam ini menghubungkan layanan musik dari One-Stop ke pengguna dan membuka peluang besar untuk artis, semua pihak khususnya penggemar akan diuntungkan dari pertumbuhan layanan musik ini.” Baidu mengatakan bahwa perjanjian ini berisi tentang rekonsiliasi perkara antara tiga perusahaan tersebut dengan Baidu.

Dikutip dari Cnet, Baidu sebenarnya sudah menawarkan layanan pencarian musik, sehingga orang-orang bisa mencari dan mengunduh MP3 tersebut, tapi banyak yang melakukan pengunduhan secara ilegal.

Himpunan Hak Cipta Musik dari Cina (Music Copyright Society) menuntut Baidu pada 2008 karena dugaan dengan sengaja memberi layanan pengunduhan, penyiaran, dan sebagainya tanpa persetujuan resmi sehingga mendukung pembajakan dan membuat Baidu diuntungkan dari pemasukan iklan.

International Anti-Piracy Caucus, kelompok pembuat undang-undang yang mengurusi industri software, film, dan musik menaruh Baidu dalam daftar hitam karena menyebarkan film, musik dan bermacam barang ilegal melalui Baidu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda