Scroll to Top

Nasi Thiwul Bu Gandos: Tiwulnya Pakai Sayur “Ikan Hiu”

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Jul 2011

Nasi ThiwulNasi Tiwul, makanan dari jagung ini hampir punah. Padahal, zaman dahulu, tiwul sempat menjadi makanan pokok pengganti nasi di daerah tertentu. Barangkali karena selera masyarakat modern berubah trennya, maka tiwul pun dipandang sebelah mata.

Tapi, kalau Anda berkunjung ke Pacitan, Anda bisa mendapatkan makanan rakyat ini. Mampir saja di Restoran Sari Laut Bu Gandos yang beralamat di Jalan Solo-Pacitan km 5. Dijamin Anda mendapatkan nasi tiwul yang lezat dengan sayur kalakan ikan hiu. Menu tersebut menjadi primadona restoran ini. Di samping itu, aneka olahan produk laut juga bisa didapatkan di sini.

Warna tiwulnya kecoklatan dan tidak lembek. Rasanya sedikit manis dan agak kenyal. Teksturnya agak kasar, tetapi empuk saat dikunyah. Makanan dari bahan dasar singkong ini mengandung glukosa dan hidrat arang yang dapat menyuplai tenaga bagi tubuh. Meski kaya kalori, tiwul memiliki kandungan protein yang rendah.

Sayur kalakan ikan hiu yang menjadi pelengkap nasi tiwul, bentuknya mirip mangut. Jangan terkecoh, sayur kalakan ini tidak serta-merta menggunakan ikan hiu sebagai bahannya. Namun, disajikan dengan bentuk mirip ikan hiu dengan kuah santan nan pedas.

Kalau suka citarasa lebih pedas lagi, Anda bisa menambahkan sambal mentah atau sambal terong yang tersedia. Lebih lengkap lagi disertai makan lalapan. Mantap! Harganya pun murah. Nasi tiwul dengan sayur kalakan ikan hiu ini bisa disantap dengan harga kurang dari 20 ribu rupiah. Selain itu, Anda bisa makan tiwul sembari menatap indahnya Pantai Teleng Ria.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda