Scroll to Top

Twitter Lebih Diminati Remaja dan ABG daripada Facebook

By Ibnu Azis / Published on Monday, 04 Jun 2012

Twitter vs FacebookFacebook mulai ditinggalkan oleh kalangan remaja dan ABG di Amerika Serikat. Menurut laporan The Los Angeles Times, mereka lebih meminati Twitter daripada Facebook. Seperti apa?

Setidaknya ada dua sebab mengapa para remaja Amerika lebih memilih Twitter daripada Facebook. Pertama, orangtua sering mengawasi mereka di Facebook. Dan mereka tak leluasa dalam bersosialisasi digital.

Di Facebook meski diperbolehkan memakai nama samaran, pengguna tetap harus menambah teman yang dirasa sesuai dengan koneksi dan jaringan mereka.

Dan para remaja Amerika berkeberatan untuk menambahkan anggota keluarga serta kerabat dengan alasan mereka bakal diawasi dengan ketat aktivitasnya di Facebook.

Kedua, di Twitter, mereka merasa lebih bebas. Mereka tak harus menambahkan teman dan dapat bebas berekspresi. Tak ‘wajib’ mengikuti seseorang di Twitter meski mereka diikuti anggota keluarga.

Twitter memberikan layanan yang lebih dalam soal hashtag atau tagar. Mereka tercatat sering memanfaatkan hastag guna kesenangan dalam membuat tren.

Mashable menuliskan, menurut survei dari Pew Internet, sebanyak 31 persen dari total pengguna internet yang berusia 18 – 24 tahun tercatat menggunakan Twitter.

Akan tetapi apakah dengan tren ini bisa langsung disimpulkan jika Twitter berhasil menjegal Facebook dari segi kesukaan?

Rasanya belum. Dengan total 900 juta lebih pengguna, Facebook akan tetap angkuh berdiri seorang sebagai jejaring sosial raksasa di muka bumi.

Namun jika tren menunjukkan demikian, Facebook harus senantiasa waspada untuk segera melahirkan layanan dan produk baru guna membuat betah dan nyaman penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda