Scroll to Top

Euro 2012: Prancis Bergantung Pada “Generasi ‘87”

By Wan Faizal / Published on Monday, 04 Jun 2012

Ben Arfa-Nasri, Prancis U-17

Dalam beberapa tahun terakhir, pamor Prancis dalam persepakbolaan dunia merosot tajam. Setelah mampu menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000, Les Bleus seperti menjadi pesakitan ketika mengikuti turnamen besar pada tahun-tahun berikutnya. Namun kini di Euro 2012, Prancis siap bangkit kembali dengan mengandalkan “Generasi ‘87”.

Siapakah Generasi ’87? Mereka adalah kumpulan para pemain Timnas Prancis di Euro 2012 ini yang lahir pada tahun 1987 dan berandil dalam kesuksesan Prancis U-17 menjuarai Piala Eropa U-17 tahun 2004 lalu.

Nama-nama seperti Samir Nasri, Karim Benzema, Hatem Ben Arfa, dan Jeremy Menez adalah yang termasuk dalam generasi tersebut. Keempatnya menjadi tulang punggung tim muda Prancis delapan tahun silam.

Karim Benzema, Prancis 3-2 Islandia

Kala itu, Prancis tampil meyakinkan dalam turnamen yang dihelat pada 4-15 Mei 2004. Mereka mampu menjadi juara grup setelah menyisihkan Spanyol, Turki, dan Irlandia Utara. Portugal mereka kandaskan di babak semifinal sebelum memastikan diri menjadi kampiun dengan menumbangkan Spanyol yang kala itu diperkuat Gerard Pique dan Cesc Fabregas di Stade Gaston Petit.

Eloknya, empat nama tersebut benar-benar menjadi bintang pada turnamen saat itu. Benzema menyumbang satu gol, Ben Arfa tiga gol, sedangkan Nasri dan Menez mencetak dua gol selama turnamen. Nasri bahkan mampu mencetak gol kemenangan Prancis di laga final.

“Mereka sangat percaya diri dan tidak arogan. Benar-benar berjuang keras untuk bisa menjadi juara,” ujar pelatih Prancis U-17 saat itu, Philippe Bergeroo.

Hatem Ben Arfa, Prancis 3-2 Islandia

“Itu adalah salah satu memori terbaikku. Saya tidak pernah berpikir bisa menikmati bermain sepakbola seperti itu. Kami tim yang hebat, mampu mengetahui posisi rekan sekalipun dengan mata tertutup. Saya merasa ketika itu kami sedang bermain PlayStation,” tambah Nasri.

Kini setelah delapan tahun lamanya, keempatnya kembali “bereuni” di sebuah turnamen besar lagi di bawah asuhan Laurent Blanc.

Maka tak heran jika Blanc sangat bersykur bisa memiliki keempatnya dan berharap mereka bisa mengulangi kisah manis pada 2004 silam dengan menjuarai Euro 2012 kali ini.

“Kami sangat beruntung bisa memiliki mereka. Keempatnya memiliki talenta yang luara biasa dan saya rasa tidak akan ada masalah dengan tim nantinya,” tutur Blanc.

Nasri-Menez, Prancis 3-2 Islandia

Keempatnya juga sudah menunjukkan “kegilaannya” bersama klub masing-masing musim lalu. Nasri membantu Manchester City menjuarai Premier League, Ben Arfa kembali tampil trengginas setelah sempat mengalami patah kaki, sementara Benzema dan Menez menjadi andalan Real Madrid dan PSG.

Dengan bantuan para pemain senior seperti Franck Ribery, Philippe Mexes, Patrice Evra, Hugo Lloris, dan Anthony Reveillere, Prancis tentu berharap banyak bahwa mereka bisa mengakhiri puasa gelar yang mereka alami dalam 12 tahun terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda