Scroll to Top

Wah, Danau di Afrika Berubah Warna Jadi Pink!

By C Novita / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

Danau pink

Segar sekali penampakan warna danau ini, ya? seperti warna susu strawberry yang manis. Tapi jangan salah, rasa air danau pink yang bernama Danau Retba yang letaknya di Senegal, Afrika Barat ini tidak manis, melainkan asin.

Ya, asin karena kandungan garam dalam danau ini sangat pekat, bahkan hingga mencapai 40%. Warna pink yang terlihat ini pun sebenarnya karena kandungan garam tersebut.

Banyak penduduk yang bekerja mengumpulkan garam dan mineral yang terkandung dalam air di danau tersebut. Terllihat dari banyaknya tumpukan gunung garam di tepi danau Retba yang kedalamannya hanya sekitar 3 meter saja.

Danau pink

Seperti halnya di Laut Mati, pengunjung terlihat menguji tingkat kepekatan garam yang dapat membuat mereka mengambang saat sedang berenang di danau itu. Wisatawan mengapung dengan posisi tiduran, tanpa takut tenggelam karena tingginya kadar garam.

Michael Danson, seorang ahli dalam bakteri extremophile dari Bath University, mengatakan:

“Warna stroberi diproduksi oleh organisme Dunaliella salina. Mereka menghasilkan pigmen merah yang menyerap dan menggunakan energi sinar matahari untuk menciptakan energi yang lebih, mengubah air jadi pink”, terangnya seperti dirilis Dailymail.

Walau kebanyakan organisme tak dapat hidup di air dengan tingkat kepekatan garam yang tinggi, namun bakteri tersebut bisa. Dan terbukti, danau Retba berubah warna menjadi pink yang indah dilihat.

Danau pink

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda