Scroll to Top

10 Makanan untuk Kesehatan Fungsi Otak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 20 Jul 2011

Otak manusia menjadi pemegang kendali atas semua tindakan yang dilakukan tubuh. Tidak hanya yang bersifat motorik saja, otak juga memegang peranan penting untuk menjalankan aktivitas tubuh di luar kesadaran manusia. Misalnya, menjalankan system pecernaan atau menjaga berfungsi organ tubuh saat manusia terlelap.

Menjaga otak agar tetap sehat harus secara kontinyu dilakukan. Memberikan nutrisi yang terbaik juga semestinya dilakukan agar kinerja otak makin berisi, Inilah 10 makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan otak:

tiram kerang10. Tiram

Produk laut ini kaya akan zat seng dan zat besi. Kedua zat ini membantu menajamkan pikiran Anda dan meningkatnya kemampuan untuk mengingat informasi dengan mudah. Kekurangan kedua zat tersebut dapat mengakibatkan penyimpangan memori, buruknya konsentrasi, dan akibat buruk lain pada tubuh. Tiram boleh dikonsumsi segala usia.

 

bijian9.Biji-bijian Utuh

Yang termasuk dalam makanan ini adalah gandum, dedak, dan bibit gandum yang kaya akan asam folat. Contoh lain adalah beras merah, oatmeal, roti gandum, dan sebagainya. Sejumlah makanan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Artinya, fungsi otak secara kualitas dan kuantitas menjadi lebih baik. Selain itu juga mengandung vitamin B6 yang penuh dengan tiamin. Tiamin dapat meningkatkan kemampuan memori otak.

 

teh sehat8. Teh

Teh hitam atau teh hijau yang habis diseduh memiliki kandungan penuh katekin. Katekin berfungsi menjaga ketajaman, kesegaran, dan fungsi pikiran. Selain itu juga memberikan rasa rileks dan melawan kelelahan pikiran. Kandungan katekin pada teh hijau lebih besar daripada teh hitam.

 

 

telur vitamin7. Telor

Telor dapat membantu melawan penyusutan otak karena mengandung vitamin B12 dan lecitin. Orang yang mengalami penyusutan (atrofi) sering terlihat pada penderita alzheimer. Telor juga mengandung asam lemak esensial.Kuning telor, meski penuh kolesterol, mengandung kolin untuk meningkatkan kemampuan mengingat. Tapi, jangan terlalu banyak makan telor. Cukup 1-2 butir per hari.

 

kari rempah rempah6. Kari

Kurkumin, salah satu bahan kari, mengandung kurkumin yang membantu melawan penuaan otak dan mempertahankan fungsi kognitif karena faktor usia.

 

 

 

acai berry5. Berry

Buah berry memiliki peran untuk meningkatkan ketrampilan motorik dan kemampuan otak secara keseluruhan. Termasuk dalam berry ini adalah blackberry, blueberry, raspberry, dan sebagainya. Antioksidan di dalamnya bagus untuk melawan penuaan otak karena kandungan fisetin dan flavenoid.

 

 

kacang biji4. Kacang dan Benih

Berbagai bentuk kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, folat, vitamin E, dan vitamin B6. Anda dapat berpikiran lebih jernih dengan asupan zat tersebut. Kandungan omega-nya berfungsi sebagai antidepresan alami. Beberapa jenis biji dan kacang mengandung tiamin dan magnesium untuk memperbaiki fungsi memori, kognitif, dan makanan sehat untuk otak.

 

sayuran-hijau3. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin B6, B12, dan folat yang menjadi senyawa di otak untuk memecah tingkat homocystein penyebab lupa. Juga terdapat zat besi yang membantu fungsi kognitif.

 

 

ikan segar2. Ikan

Semua tubuh ikan bermanfaat untuk kesehatan, apalagi otak ikan. Kandungan yang dimiliki ikan adalah omega-3. Makan ikan satu porsi seminggu sekali dapat mencegah terserang penyakit alzheimer. Asam lemak ini melapisi neuron otak dari kekakuan akibat tingginya kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Omega-3 juga akan memasok oksigen lebih banyak ke otak dan meningkatkan pasokan informasi baru. Sementara, otak masih tetap akan mengingat informasi lama. Ikan terbaik untuk kesehatan otak adalah salmon, tuna, dan haring.

coklat1. Coklat

Ternyata coklat menjadi salah satu jajaran makanan yang baik untuk otak. Karena, makanan lezat ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari makanan lain, hanya dengan dua atau tiga sendok bubuk kakao. Kandungan flavonol-nya membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Tapi, konsumsilah coklat yang banyak kandungan kakao-nya.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda