Scroll to Top

Dua Peneliti Asal Inggris Buktikan Google Play Masih Belum Aman dari Malware

By Baihaki / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

aplikasi berbahaya android

 

Permasalahan malware dan virus di Android Market atau yang kini beralih nama menjadi Google Play ternyata belum kunjung reda. Padahal untuk menangani permasalahan tersebut, pihak Google telah sebuah aplikasi pengaman bernama Google Bouncer. Namun ternyata Google Bouncer ini berjalan kurang maksimal. Hal ini telah dibuktikan oleh dua peneliti asal Inggris bernama Jon Oberheide dan Charlie Miller.

Dikutip dari The Register, kedua peneliti khusus keamanan internet tersebut tengah menyiapkan sebuah presentasi yang akan mereka siapkan untuk pertemuan SummerCon di Brooklyn, Inggris. Dalam presentasi tersebut, mereka akan mendemonstrasikan cara yang ampuh dalam menyelipkan aplikasi malware atau aplikasi berbahaya dan menghindari perlindungan dari sistem pengaman Google Bouncer.

Kedua peneliti tersebut pun menunjukkan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk menghindari sistem Google Bouncer. Secara khusus, Oberheide mengatakan bahwa dengan memakai sistem fingerprinting pada Google Bouncer, terdapat kemungkinan untuk mencari karateristik sebuah aplikasi yang dicap sebagai malware. Tentu saja hal ini pun bisa dilakukan sebaliknya, yakni dengan mengetahui karateristik yang bisa menghindari sistem alarm milik Google Bouncer.

Lalu, aplikasi seperti apa yang telah disusupkan oleh Oberheide dan Miller ke dalam Google Play? Aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi yang sangat sederhana. Dalam wawancara dengan Forbes, kedua peneliti tersebut mengatakan bahwa aplikasi tersebut teregistrasi dengan nama user Miles.Karlson@gmail.com dan menyimpan dua gambar, yakni cat.jpg dan ladygaga.jpg.

Dengan adanya temuan ini, tentunya diharapkan bakal ada peningkatan kualitas keamanan yang harus dilakukan oleh Google. Terlebih sebagai sebuah sistem operasi mobile yang banyak, tentunya akan sangat riskan jika keamanan yang tersedia kurang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda