Scroll to Top

8villages Ajak Petani Indonesia Manfaatkan Sosial Media

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

Petani

Indonesia merupakan salah satu pengguna sosial media dan jejaring sosial terbesar di dunia. Indonesia juga merupakan pengguna terbesar ketiga di Facebook.

Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar yang menguntungkan sekaligus menjadi harapan RIM BlackBerry untuk tetap bertahan dari krisis.

Meski demikian, luasnya wilayah Indonesia ini membuat tidak meratanya perkembangan teknologi di masyarakat. Hal ini terlihat ketika berada di daerah pedesaan yang tidak terjangkau sinyal telepon selular maupun jaringan telepon rumah.

Sebuah desa yang jauh dari Jakarta, bernama Kadaka Jaya adalah salah satu contoh kesenjangan digital yang terjadi di Indonesia.

Seperti yang dikutip dari BBC, hal ini lah yang membuat 8villages tergerak untuk masuk ke kalangan petani berada di kawasan tertinggal untuk mengajak mereka memanfaatkan sosial media.

8villages adalah sebuah jejaring sosial khusus petani yang didirikan oleh Mathieu Le Bras yang memanfaatkan ponsel untuk membantu petani terhubung keadaan pasar di kota dan informasi lain terkait pertanian.

8villages memberikan kesempatan pengujian produknya secara gratis ke 900 orang petani di Indonesia, salah satunya adalah Ade, seorang petani di Kadaka Jaya.

“Sebagai seorang petani, kami harus mengikuti perkembangan teknologi untuk membantu mempermudah pekerjaan dan mendapatkan berbagai informasi.”

“8villages membantu saya untuk mengakses informasi tentang pupuk, pestisida dan harga tanaman. Jadi sekarang ketika saya membutuhkan informasi, yang harus saya lakukan adalah menunggu SMS dari 8villages,” kata Ade.

Pendiri 8villages mengatakan bahwa jaringan sosial adalah hal yang terpenting di pedesaan yang sulit untuk mendapat berbagai informasi.

“8villages adalah salah satu jaringan bisnis sosial bagi petani. Ini membantu menghubungkan petani dengan pembeli lokal, penjual lokal dan juga informasi dari petani lain yang menananm tanaman yang sama.” kata Mathieu Le Bras.

8villages juga memungkinkan petani untuk mengakses informasi review dari petani yang lebih senior dan menggunakan konsep offline melalui SMS di ponsel.

Layanan seperti yang ditawarkan oleh sosial media 8villages ini akan sangat membantu petani yang tinggal di daerah tertinggal untuk tetap dapat mengakses berbagai informasi yang diperlukan untuk memajukan pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda