Scroll to Top

Uji Fisik : iPhone 4S Vs. Galaxy S3, Mana Yang Lebih Tahan Banting?

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

Galaxy S3 iPhone 4s

Samsung dan Apple adalah dua perusahaan yang memiliki produk yang sangat menarik jika dibandingkan secara head-to-head.

Keduanya memang seperti musuh abadi yang terlibat persaingan keras di berbagai lini produknya dan diwarnai dengan perseteruan paten yang berlangsung cukup lama.

Persaingan yang paling menarik dari produk keduanya adalah dari lini smartphone. Apple memiliki iPhone dan Samsung memiliki line up Galaxy S dimana keduanya bersaing di segmen yang sama.

Persaingan produk terbaru dari keduanya adalah antara iPhone 4S dan Samsung Galaxy S3. Membandingkan keduanya secara teknis mungkin hal biasa, namun membandingkan kekuatan fisik dengan menjatuhkannya mungkin terlihat menarik.

SquareTrade membandingkan kekuatan kedua smartphone ini melalui simulasi drop test atau tes jatuh untuk melihat seberapa kuat smartphone canggih ini untuk dibanting.

Tes jatuh yang dilakukan terdiri dari beberapa skenario ketinggian, termasuk tes jatuh dari ketinggian telinga manusai, jatuh dari atap sebuah mobil.

Terdapat juga skenario dimana ketika smartphone tersebut dipegang dan dibuat mainan oleh anak kecil kemudian anak tersebut melemparkan smartphone tersebut, menarik bukan?

Tes jatuh pertama yaitu jatuh dari ketinggian telinga manusia, iPhone 4S mengalami sedikit lecet dan goresan di bagian pojok bodi ponsel tersebut sedangkan Galaxy S3 mengalami kerusakan berupa retakan besar pada layar kacanya.

Tes jatuh kedua adalah jatuh dari atap mobil. iPhone 4S mengalami lecet dibagian pojok bodi sedangkan Samsung Galaxy S3 mengalami nasib yang sama ketika tes pertama, layar kacanya hancur.

Sedangkan tes jatuh terakhir adalah ketika smartphone dilempar oleh seorang anak ke udara. Bagian belakang iPhone hancur namun bagian layar depan masih tetap utuh setelah melalui tes ini.

Sedangkan Samsung Galaxy S3 bagian belakang kuga mengalami kerusakan hingga baterainya terlihat, namun bagian layar Galaxy S3 dinyatakan baik-baik saja.

Seperti yang dikutip dari VenturBeat, hasil tes fisik kali ini dimenangkan oleh iPhone 4S dengan kerusakan yang ditimbulkan lebih sedikit dari pada Samsung Galaxy S3.

Tampaknya ukuran layar Galaxy S3 yang lebih besar membuatnya jauh lebih beresiko rusak ketika jatuh. Sebaiknya Anda tidak mencoba tes seperti ini jika Anda memiliki salah satu dari dua smartphone canggih ini.

Anda penasaran dengan pengujian ini? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda