Scroll to Top

Google Resmi Akusisi Meebo Senilai USD 100 Juta

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

Google MeeboAkhirnya perusahaan pesan instan Meebo berhasil direngkuh oleh Google. Akuisisi ini membutuhkan kucuran dana hingga USD 100 juta. Apa tujuan Google mengakuisisi Meebo?

Seperti diberitakan sebelumnya, jika proses akuisisi ini telah berlangsung sejak bulan lalu. Google secara serius melakukan pendekatan pada Meebo dengan gencar mengadakan pertemuan.

Meebo sendiri adalah sebuah aplikasi pesan instan berbasis web. Meebo juga memiliki produk lain yang berupa Meebo Bar, serupa dengan social plugin yang bisa ditambahkan ke blog atau website.

“Kami bangga mengumumkan jika Meebo saat ini telah menandatangani perjanjian akuisisi dengan Google,” tulis Meebo di laman blog-nya.

Untuk nilai transaksinya sendiri masih tidak terungkap bagi awak media. Namun laman All Things Digital pada bulan lalu melaporkan jika akuisisi ini bernilai USD 100 juta.

Pada tahun 2010 silam nilai Meebo ditaksir mencapai USD 25 juta. Mashable menuliskan jika saat ini nilai Meebo telah melonjak hingga USD 62,5 juta.

Dengan demikian masuk akal jika Google harus merogoh koceknya hingga USD 100 juta dalam mengakuisisi Meebo. Harga ini dirasa pantas sesuai dengan taksiran nilai Meebo saat ini.

Tersiar kabar jika proses akuisisi ini untuk menambah amunisi Google sesuai dengan dua produk unggulan Meebo: pesan instan dan Meebo Bar.

Namun di ranah pesan instan Google telah memiliki Google Talk. Apakah Google kurang pede dengan produknya hingga harus mencaplok Meebo?

Sebelumnya Google juga melakukan akuisisi terhadap perusahaan skor online KikScore. Akuisisi ini sendiri bertujuan untuk menambah amunisi Google Trusted Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda