Scroll to Top

Fenomena Awan Terbelah di Langit Jogja Ramai Diperbincangkan di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 05 Jun 2012

Awan terbelah di langit jogja

Pagi ini, Selasa (05/06/12), warga Jogja dihebohkan dengan fenomena awan terbelah di atas langit Yogyakarta. Apa sesungguhnya dibalik fenomena ini?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan jika fenomena tersebut tak ada kaitannya dengan supermoon dan gempa seperti di Sukabumi.

Lantas apa sesunggunya yang terjadi dengan fenomena awan terbelah tersebut? Masih menurut BMKG, awan ini hanyalah jejak pesawat.

“Awan itu adalah jejak pesawat. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Adi Sucipto ke arah barat. Saya tak mengerti pesawat apa itu yang telah membuat warga heboh,” terang Toni Agus Widayah, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta seperti dikutip dari VivaNews, Selasa (05/06/12).

Meski BMKG telah mengeluarkan pernyataan resmi, namun warga Jogja tetap memiliki tafsiran sendiri terkait dengan penampakan awan yang mereka saksikan.

Cahyo Aditya lewat ‏@CayoTheChef menuliskan, jika fenomena awan ini serupa dengan kejadian pada tahun 2006 (gempa di Yogyakarta).

[blackbirdpie url=”http://twitter.com/CayoTheChef/status/209915349305528320″]

Happy Natalexa ‏lewat @stfnsh menuliskan, jika jejak awan tersebut justru menyerupai bentuk seekor naga.

[blackbirdpie url=”http://twitter.com/stfnsh/status/209925627158085632″]

Mengapa jejak pesawat tersebut menyerupai awan terbelah? Masih menurut Toni Agus Widayah, ketika pesawat terbang melayang di udara membuang sebuah gas panas. Dan di ketinggian 3.000 meter, suhu udara sangat dingin.

“Pertemuan gas panas tersebut dengan suhu yang dingin membentuk semacam awan yang kemudian dikira oleh warga Jogja sebagai awan yang terbelah,” pungkas Toni Agus Widayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda