Scroll to Top

Gosok Gigi Langsung Setelah Makan Bikin Gigi Rusak

By C Novita / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

gosok gigi usai makan bikin gigi rusak

Jangan buru-buru gosok gigi usai makan, sebab hal tersebut malah berefek buruk bagi kesehatan gigi Anda. Walaupun nampaknya itu adalah kebiasaan baik sebab kotoran di gigi dapat segera dibersihkan, namun sejatinya malah sebaliknya.

Idealnya, setelah 1 jam usai makan baru Anda boleh menggosok gigi untuk menghilangkan kotoran yang menempel di gigi sisa makan tadi. Sebab itu akan lebih aman bagi enamel dan dentin gigi.

Korosi yang disebabkan oleh asam dalam mulut yang meningkat bisa terhindar jika Anda menggosok gigi setelah lebih dari 1 jam usai makan.

Efek korosi karena terlalu cepat menggosok gigi usai makan ini sama dengan efek yang ditimbulkan jika kita minum kopi dan minum minuman mengandung asam langsung usai makan. Sama-sama memicu timbulnya produksi asam berlebih di mulut.

Dr. Howard R. Gamble, presiden Academy of General Dentistry menjelaskan tentang hal ini pada situs Dailymail, selasa (5/6/12).

“Dengan buru-buru menyikat gigi usai makan, Anda benar-benar bisa mendorong asam berproduksi lebih banyak dalam enamel dan dentin,” terangnya.

Proses korosi adalah pengikisan yang terjadi di lapisan enamel dan dentin karena kadar asam yang meningkat tajam usai mengkonsumsi makanan. Jika Anda menggosok gigi, maka kadar asam itu akan lebih tinggi lagi. Resikonya, pengikisan dapat merusak gigi Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda