Scroll to Top

Mozilla Rilis Firefox 13

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

Firefox 13

Pengembang peramban Firefox, Mozilla mengumumkan kehadiran peramban Firefox 13. Pada versi 13 ini, dikabarkan Firefox mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Peramban open source populer ini membawa perubahan antarmuka yang banyak ditunggu-tunggu oleh penggunanya termasuk perubahan pada halaman tab baru.

Sejak mengadopsi sistem rilis cepat ala Google Chrome, banya pengguna Firefox yang komplain karena harus sering update tanpa ada perubahan signifikan yang terlihat, namun hal ini tidak terjadi di Firefox 13.

Mozilla Labs sudah mengembangkan desain tab baru sejat tahun 2009. Tab baru ini bertujuan untuk menampilkan halaman awal yang berguna dan kaya fitur tapi tanpa harus mengorbankan kinerja.

Peramban Firefox 13 hadir dengan grid thumbnail yang menampilkan situs yang sering dikunjungi, fitur semacam ini memang bukan hal yang baru dan telah hadir diperamban lain seperti Chrome dan Safari.

Ketika pengguna menjalankan peramban Firefox, maka pengguna akan disuguhi logo Firefox dengan kotak pencarian dibawahnya,

Pada Firefox 13 ini di bagian bawah kotak pencarian akan muncul sebuah bar yang berisi 7 icon yang mewakili Downloads, Bookmark, History, Add-ons, Sync, Settings dan Restore Previous Session.

Ketika pengguna membuka tab baru, maka pengguna akan disuguhi grid thumbnail situs yang sering dikunjungi atau baru saja dikunjungi.

grid thumbnail

Situs yang tampil di grid tersebut dapat dihapus, diganti atau dipindah-pindah posisinya sesuai keinginan pengguna, fitur ini mirip dengan yang telah ada di Chrome dan Safari.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, tim pengembang Firefox juga melakukan beeberapa perubahan untuk meningkatkan respon peramban dan menambah fitur on-demand tab loading.

Fitur on-demand tab loading ini memungkinkan pengguna mengembalikan sesi browsing sebelumnya tanpa harus memuat isi dari semua tab, namun hanya memuat tab yang sedang aktif saja.

Rilis Firefox 13 ini tampaknya akan mengobati dahaga pengguna Firefox yang sekian lama menerima update tanpa ada perubahan antarmuka yang signifikan.

Anda ingin mencoba Firefox 13? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda