Scroll to Top

Kejahatan Facebook Terjadi Setiap 40 Menit Sekali

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

Facebook CrimeKejahatan yang dipicu dari Facebook atau Facebook crime ternyata jumlahnya tidak sedikit. Menurut laporan Daily Mail, setiap 40 menit sekali, terjadi satu kejahatan Facebook. Seperti apa?

Facebook memiliki semiliar manfaat. Dan manfaat ini juga berlaku untuk hal-hal negatif. Khususnya bagi mereka yang memiliki niat kriminal – penjahat.

Berdasarkan laporan dari pihak kepolisian Britania Raya, tercatat tahun lalu ada sekitar 12.300 kasus kriminal yang dipicu dari jejaring sosial semiliar umat ini.

Dengan demikian, maka akan ada satu kasus kejahatan baru (Facebook crime) di setiap 40 menitnya. Lantas kasus kriminal apa saja yang dipicu oleh Facebook?

Sangat menyedihkan. Kasus tersebut rata-rata adalah kejahatan pemerkosaan, pelecehan seksual, penculikan, intimidasi (saksi), penipuan, serta pengancaman (pembunuhan).

Dan celakanya Facebook dijadikan sumber referensi utama dalam mengincar korban. Penjahat menggunakan jejaring sosial ini untuk mencari dan mematai-matai mangsanya.

Juru bicara Facebook sendiri berujar jika pihaknya saat ini tengah bekerjasama dengan kepolisian untuk membawa pelaku kejahatan ke pengadilan.

“Facebook laiknya televisi dan ponsel, bagian dari kehidupan manusia. Dan kami tengah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menyeret mereka ke meja hijau,” terang juru bicara Facebook seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (06/06/12).

Lantas bagaimana dengan tanggapan korban kejahatan Facebook? Jean Taylor berujar jika Facebook sebaiknya ditutup sebab mengandung segudang resiko.

“Jejaring sosial ini memberikan efek buruk daripada hal positif. Lebih baik Facebook ditutup atau tidak digunakan sama sekali,” terang pengelola Families Fighting for Justice ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda