Scroll to Top

IPL: Bontang FC Inginkan Uang APBD

By Aditya / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

Bontang FC

Indonesia Premier League (IPL) yang digadang-gadang sebagai kompetisi profesional di negeri ini ternyata justru melahirkan ironi. Selain banyaknya klub yang tak mampu melunasi gaji pemainnya, ada juga klub yang menginginkan kembali uang dari APBD. Adalah Bontang FC yang menghendaki agar mulai musim depan, sebagian dana APBD dialokasikan untuk membiayai klub.

”Untuk musim depan, minimal 50 persen biaya klub untuk satu musim didapat dari APBD,” ujar Presiden Direktur PT Bontang Football Mandiri, Udin Mulyono, Rabu (6/6/2012).

Di musim pertamanya di IPL, Bontang FC memang menjadi salah satu klub yang mengalami krisis finansial. Oleh karena itu, tim berjuluk Laskar Bukit Tursina ini ingin agar uang APBD kembali dikucurkan untuk mendanai klub. Lagipula, Kalimantan Timur sebagai wilayah asal Bontang FC merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Menurut Udin Mulyono, dana yang dibutuhkan oleh Bontang FC dalam satu musim kompetisi bisa mencapai angka 15 miliar rupiah. Dana sebanyak itu akan sangat sulit dipenuhi oleh klub tanpa bantuan uang APBD.

”Klub sekurang-kurangnya memerlukan Rp 15 miliar untuk satu musim kompetisi. Dengan bantuan APBD, setidaknya bisa dibantu separuhnya,” tandas Udin Mulyono.

”Dengan larangan penggunaan APBD, menurut saya sekitar 75 persen klub profesional akan kolaps karena persoalan keuangan,” lanjutnya.

Saat ini, Bontang FC memang sedang dirundung banyak masalah. Selain krisis keuangan, klub yang dulu bernama Pupuk Kaltim Bontang (PKT Bontang) ini masih terpuruk di dasar klasemen IPL, yakni di posisi ke-12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda