Scroll to Top

Euro 2012: Beberapa Jersey Negara Peserta Mengandung Bahan Kimia Beracun

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

Jersey Polandia Euro 2012

Setidaknya itulah yang dikemukakan oleh BEUC. Sebuah organisasi yang merupakan Organisasi Konsumen Eropa tersebut memperingatkan fans bahwa beberapa jersey negara peserta Euro 2012 mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh mereka. Jersey yang dimaksud oleh BEUC adalah jersey Polandia, Spanyol, Jerman, Rusia, Ukraina, Italia, Prancis, Belanda, dan Portugal.

Polandia dikategorikan sebagai negara dengan jersey yang paling “berbahaya” oleh BEUC karena bahan kimia yang terkandung dalam jerseynya tersebut.

“Jersey Polandia harusnya sudah ditarik dari pasaran saat ini karena mengandung senyawa organotin. Senyawa tersebut digunakan untuk mencegah bau keringat. Namun jika digunakan dalam dosis yang tinggi, organotin bisa menjadi racun bagi sistem saraf penggunanya,” demikian pernyataan BEUC.

Penelitian yang dilakukan BEUC juga menyeret beberapa negara besar, namun tidak separah apa yang mereka temukan pada kostum Polandia.

Dalam jersey Portugal dan Belanda ditemukan kandungan nikel. Sementara bahan kimia lain seperti nonylphenol yang bisa memberikan efek bahaya bagi lingkungan juga ditemukan di jersey milik Spanyol dan Italia.

“Fans sepakbola rela mengeluarkan uang hingga 90 euro karena mereka ingin mendapatkan jersey dengan kualitas yang bagus dan aman ketika mereka gunakan,” terang Direktur Umum BEUC, Monique Goyens.

“Hasil penelitian yang dilakukan oleh anggota kami bisa menjadi pengingat bahwa bahan kimia tidak layak dan sangat berbahaya jika diterapkan pada produk untuk konsumen.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda