Scroll to Top

Tahu, Lauk Murah Kaya Gizi

By C Novita / Published on Thursday, 07 Jun 2012

Tahu

Tahu atau tofu adalah jenis makanan yang sering dijadikan oleh kaum vegetarian sebagai sumber protein. Ini karena bahan utama pembuat tahu adalah kacang kedelai, yang memang tinggi protein nabati serta kalsiumnya.

Walau banyak yang beranggapan bahwa tahu adalah makanan yang hambar dan miskin gizi karena harganya yang murah, namun sejatinya justru tahu amat mudah menyerap bumbu.

Misalnya dalam masakan Semur atau Bumbu Bali, tahu hadir memperkaya cita rasa masakan tersebut. Olahan tahu dalam bentuk Perkedel Tahu pun kaya rasa dan yang jelas, tak kurang bergizi dari daging.

Setengah cangkir tahu seimbang dengan setengah cangkir daging dalam kandungan kalorinya, yaitu 94 kalori. Bahkan bagi wanita, kalsium dan zat besinya sangat baik untuk kecantikan dan kepadatan tulang.

Contoh nyata dari manfaat tahu yang tinggi adalah masyarakat Jepang yang hampir tiap hari mengkonsumsi tahu. Angka risiko terjadinya penyakit kanker sangat rendah disana, seperti juga kolesterol.

Untuk jenis tahu, terdapat 2 jenis yaitu tahu sutra dan tahu biasa. Kandungan gizinya konon lebih banyak tahu biasa, sebab pengolahannya tidak serumit tahu sutra.

Karenanya, bagi ibu-ibu yang kadang merasa kurang gengsi jika berbelanja tahu setiap hari, hilangkan rasa itu. Walau murah, namun kandungan gizi tahu bisa bikin keluarga sehat dan juga awet muda, lho.

Selamat berkreasi dengan aneka resep tahu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda