Scroll to Top

Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Berlebih

By C Novita / Published on Thursday, 07 Jun 2012

cabe

Cabai memang menambah sensasi nikmat pada masakan dengan rasa pedasnya. Apalagi jika sudah hadir dalam bentuk aneka sambal yang menggugah selera. Namun jika dikonsumsi berlebih, ternyata makanan pedas yang berasal dari cabai dapat menyebabkan beberapa penyakit serius.

Dr. SK Thakur, gastroenterologist dari India mengungkap bahaya makanan pedas di situs TimesofIndia, seperti dikutip berikut ini;

  • Meningkatkan asam lambung. Rasa pedas pada cabai di makanan pedas itu sebenarnya berasal dari kombinasi asam. Jika masuk dalam sistem pencernaan, dimana sebenarnya kadar asamnya pun tinggi, maka asam dalam masakan pedas akan menambah jumlah asam di lambung.
  • Gangguan lambung akut. Peningkatan jumlah asam lambung yang drastis, jika terjadi terus-menerus akan memicu gangguan lambung akut di lambung. Gejalanya mual, muntah, demam, diare, sakit kepala dan muntah.
  • Peradangan. Hal ini adalah kelanjutan dari gangguan lambung akut, yang menyebabkan lambung terluka. Luka parah di lambung ini membuat nanah muncul dan keluar dari luka tersebut.
  • Sulit tidur atau insomnia. Makanan pedas meningkatkan suhu tubuh dan memicu keluarnya keringat. Ini menyebabkan Anda sulit tidur.

Konsumsi aman makanan pedas yang dianjurkan adalah 3 atau 4 kali seminggu. Ini pun sebaiknya dengan kadar pedas yang tak terlalu tinggi.

Untuk menurunkan kadar asam lambung yang meningkat, maka konsumsi susu dan air kelapa muda akan membantu menurunkannya, hingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda