Scroll to Top

6,5 Juta Password Akun LinkedIn Bocor Di Internet

By Ditya / Published on Thursday, 07 Jun 2012

passwords

Hacker kembali berulah dengan membobol sekitar 6,5 juta password akun LinkedIn dan menyebarkannya di internet.

Situs jejaring sosial berorientasi bisnis yang berbasis di Montain View, California ini menjadi korban serangan hacker dengan mencuri 6,5 juta akun dan mempostingnya di internet.

Pelaku pembobolan akun LinkedIn ini dikabarkan memposting hasil cracking password LinkedIn disebuah situs forum InsidePro. 6,5 juta password yang dienkripsi menggunakan fungsi kriptografi SHA-1 berhasil dirubah ke teks biasa oleh hacker.

Seorang pakar keamanan yang mengkhususkan diri dalam bidang password cracking, Rick Redman, mengatakan bahwa di daftar yang diposting oleh hacker tersebut dipastikan milik LinkedIn.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, CEO perusahaan keamanan Errata Security, Robert Graham, juga mengatakan hal yang sama dan beberapa pengguna LinkedIn juga melaporkan temuan serupa.

Pihak LinkedIn sendiri telah melakukan penyelidikan dan mengakui bahwa 6,5 juta akun telah dibobol oleh hacker dan menghimbau pengguna LinkedIn untuk segera mengganti password.

Saat ini LinkedIn diperkirakan memiliki 160 juta pengguna terdaftar dan kemungkinan akun yang dibobol oleh hacker adalah akun-akun yang menggunakan password yang lemah.

Sementara itu, di forum InsidePro, situs forum dimana password akun LinkedIn di posting, terdapat posting beberapa orang yang diperkirakan adalah pelaku pembobolan ini.

Seorang member InsidePro yang menggunakan nickname zyk4cba memposting 1,2 juta password akun LinkedIn dan disusul member dengan nickname LorDHash yang berhasil membobol 1,22 juta password akun LinkedIn dan mempostingnya.

LinkedIn secara resmi telah mengakui kesalahan ini dan menghimbau pengguna untuk segera mengganti passwordnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda