Scroll to Top

Euro 2012: Michel Platini Peringatkan Mario Balotelli

By Wan Faizal / Published on Thursday, 07 Jun 2012

Michel Platini

Presiden UEFA, Michel Platini, memperingatkan striker bengal Italia, Mario Balotelli, terkait ancamannya untuk meninggalkan lapangan jika ia menjadi korban perlakuan rasis ketika sedang bertanding di Euro 2012. Platini mengatakan, Balo tidak boleh meninggalkan lapangan begitu saja tanpa seizin dari wasit yang memimpin pertandingan.

Baru-baru ini, striker yang akan memakai nama Barwuah Balotelli selama gelaran Piala Eropa 2012 tersebut mengancam ia akan meninggalkan lapangan jika ia mendapat perlakuan rasis ketika bertanding.

“Balotelli berkata bahwa ia akan meninggalkan lapangan jika ia dihina dengan perkataan rasis. Itu bukan terserah dia untuk memutuskan, namun wasit,” ungkap legenda hidup Prancis tersebut.

“Ofisial pertandingan harus tetap berpegang teguh pada aturan, termasuk menghentikan pertandingan jika terjadi hal yang tak diinginkan. Jika Balotelli meninggalkan lapangan tanpa izin dari wasit, maka ia akan dihukum.”

Banyak pihak memprotes penunjukkan Polandia dan Ukraina sebagai tuan rumah hajatan terbesar UEFA ini. Faktor rasis menjadi salah satu alasannya.

Mario Balotelli

Bahkan, keluarga para pemain Timnas Inggris yang berkulit gelap memutuskan untuk tak memberikan dukungan langsung di stadion, melainkan hanya akan menonton lewat televisi di rumah saja.

“Ketika kami memilih Polandia dan Ukraina untuk menggelar turnamen ini, kami menjadikan ini sebagai sebuah ‘petualangan’ yang indah ke Eropa Timur,” lanjut Platini.

“Saya menghargai kritik tersebut. Seperti Jerman, dulu mereka mempermasalahkan hal itu dan mengancam akan memboikot turnamen. Ini bukan masalah politik ketika kami menunjuk mereka sebagai tuan rumah, tapi karena pekerjaan kami adalah untuk mengatur turnamen sepakbola yang indah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda