Scroll to Top

PSSI: Tim Task Force FIFA Dan AFC Berhasil Mencapai Kesepakatan

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 07 Jun 2012

PSSI

Tim Task Force FIFA dan AFC telah berhasil mencapai kesepakatan dengan PSSI dan ISL guna mengatasi penyatuan dua liga yang digelar di Indonesia. Hal itu diungkapkan Tommy Rusihan Arief, Direktur Media PSSI yang mendapat pesan singkat dari Ketum Djohar Arifin dari Kuala Lumpur Kamis 7 Juni 2012 seperti yang dilansir situs resmi PSSI.

Tommy menjelaskan bahwa penandatanganan kesepakatan dilakukan di Hotel Marriott Bukit Bintang Kuala Lumpur. Ditambahkannya, dalam pertemuan ini KPSI tidak terlibat dan tidak dilibatkan. Ditanyakan mengenai isi MoU, Tommy belum bisa menjelaskannya.

“Kita tunggu saja setelah ditandatangani, Alhamdulillah ada penyelesaian”, ungkap Tommy Rusihan Arief.

Keputusan pertemuan antara PSSI pimpinan Djohar Arifin dengan tim Task Force FIFA dan AFC di Kuala Lumpur itu memang ditunggu-tunggu, karena berdampak pada putusan apa yang akan dilakukan FIFA dan AFC bila ISL tidak meleburkan diri ke dalam liga yang diselenggarkan PSSI.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng berharap Tim Task Force yang dibentuk Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dapat mengeluarkan keputusan tegas terhadap permasalahan yang terjadi dalam tubuh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Task Force atau satuan tugas (satgas) merupakan hasil rapat AFC yang melakukan rapat Komite Eksekutif AFC pada 23 Maret lalu dan dituangkan dalam dalam surat Sekjen AFC Alex Soosay kepada Sekjen FIFA Jerome Valcke pada 26 Maret lalu.

Tim tersebut bekerja untuk menyelesaikan persoalan asosiasi yang tak sah, yaitu kepengurusan PSSI versi KPSI, serta liga yang tak sah Indonesian Super League (ISL). Jika tidak menemukan solusi, Indonesia akan dikenakan sanksi pada 15 Juni mendatang.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, yakin bahwa PSSI tidak akan mendapatkan sanksi apa pun.

“Lima belas Juni adalah deadline yang diberikan FIFA dan AFC untuk PSSI. Tapi, PSSI tidak pernah berbuat kesalahan apapun. Jadi, rasanya tidak mungkin PSSI akan dihukum. Yang bersalah adalah orang-orang yang telah berbuat suasana menjadi tidak bagus” tegas Djohar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda