Scroll to Top

Inilah Hasil Kesepakatan PSSI dan ISL yang Dimediasi AFC dan FIFA

By Aditya / Published on Thursday, 07 Jun 2012

PSSI ISL AFC FIFA

PSSI dan pihak pengelola Indonesia Super League (ISL) akhirnya menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) untuk menyelesaikan dualisme kompetisi dan berbagai bentuk kekacauan yang terjadi di persepakbolaan Indonesia selama ini. Kesepakatan ini diperoleh berkat mediasi yang dilakukan oleh AFC dan FIFA.

Penandatanganan MoU itu dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (7/6/2012) sore. Beberapa anggota AFC hadir dalam forum ini, seperti Pangeran Abdullah (Wakil Presiden AFC), Alex Soosay (Sekjen AFC), dan James Johnson (Direktur Asosiasi AFC).

Dari pihak FIFA diwakili oleh Worawi Makudi (Komisi Eksekutif FIFA), Thierry Regenass (Direktur Asosisasi FIFA), dan Marco Leal (Manajer MAs FIFA). Sedangkan kubu PSSI tandingan hasil KLB versi KPSI di bawah pimpinan La Nyalla Mattalitti tampaknya tidak dilibatkan dalam penandatanganan kesepakatan tersebut, yang hadir hanya perwakilan dari PT Liga Indonesia selaku pengelola ISL.

Adapun beberapa poin yang menjadi hasil kesepakatan antara PSSI dan ISL antara lain:

  1. Akan dibentuk Komisi Gabungan PSSI untuk menggagas dan membentuk liga profesional yang baru di Indonesia. Komisi ini akan bekerjasama dengan FIFA dan AFC untuk meninjau statuta serta masalah-masalah lainnya.
  2. Status empat anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI yang pernah dipecat oleh PSSI kepengurusan Djohar Arifin Husin akan dipulihkan.
  3. Kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang bergulir sekarang akan terus berlangsung secara terpisah, tapi akan berada di bawah PSSI.
  4. KPSI (PSSI tandingan versi La Nyalla Mattalitti) tidak akan menjadi otoritas tersendiri.

”Keputusan ini demi kepentingan sepakbola Indonesia dan saya ingin berterima kasih kepada semua pihak serta FIFA yang mempercayakan AFC dalam menyelesaikan tugas ini,” kata Pangeran Abdullah, Wakil Presiden AFC, usai penandatangan kesepakatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda