Scroll to Top

Euro 2012: Mampukah Yunani Mengulang Kejutan Tahun 2004?

By Wan Faizal / Published on Friday, 08 Jun 2012

Yunani - Euro 2004

Bicara Yunani dalam kancah sepakbola, orang-orang mungkin langsung teringat pada gelaran Euro 2004 di Portugal. Bagaimana tidak, datang dengan status underdog, Theodoros Zagorakis dkk justru mampu membawa pulang piala di akhir turnamen setelah mengalahkan Portugal di laga puncak.

Dan kini, setelah absen di Euro 2008, Yunani kembali hadir di Euro 2012 yang digelar di Polandia-Ukraina. Ada beberapa kesamaan yang dialami Yunani pada turnamen tahun 2004 dan 2012 ini. Di Portugal 2004 lalu, Yunani tergabung di Grup A bersama tuan rumah Portugal, Spanyol, dan Rusia.

Dan di tahun 2012 ini, mereka kembali tergabung di Grup A bersama tuan rumah yang kali ini adalah Polandia, serta Rusia. Satu-satunya yang berbeda adalah keberadaan Republik Ceko disana. Persamaan lainnya, Yunani selalu menjadi lawan bagi tuan rumah di laga pembuka.

Pertanyaannya sekarang adalah, mampukah Yunani mengandaskan Polandia layaknya mereka menang 1-2 atas Portugal delapan tahun silam?

Bukannya apa-apa, kemenangan atas Portugal dulu mampu memuluskan jalan Yunani untuk mencapai laga final dan akhirnya menggondol piala. Bukan tidak mungkin hal yang sama bisa saja terjadi andai mereka bisa mempermalukan Polandia nanti malam.

Apalagi, beberapa pemain yang menjadi pahlawan tahun 2004 juga masih diandalkan Fernando Santos di turnamen tahun ini. Mereka adalah Kostas Chalkias, Giorgios Karagounis, dan Kostas Katsouranis.

So, menarik bukan untuk menanti apa yang bisa dilakukan Yunani di National Stadium Warsaw malam nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda