Scroll to Top

Tomat Mampu Lindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UV

By C Novita / Published on Friday, 08 Jun 2012

Tomat

Tak perlu menggunakan aneka krim mahal untuk melindungi kulit dari efek penuaan dini akibat sinar ultra violet matahari. Cukup mengkonsumsi banyak tomat matang yang efeknya dapat membuat kulit tampak muda dan memberi perlindungan bagi kulit.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah ilmuwan menemukan bahwa makan pasta tomat yang kandungan lycopene-nya tinggi, ternyata baik sekali untuk kulit dan mengurangi efek kulit terbakar karena kena sinar matahari.

Uniknya, kadar lycopene tertinggi pada tomat itu malah didapat dalam tomat yang telah diolah menjadi saus tomat, pasta, sup dan jus.

Dikutip dari Dailymail, Profesor Mark Birch-Machin dari Newcastle University Inggris, akan menyajikan rincian penelitian tentang tomat dan manfaatnya itu di Royal Society of Medicine di London.

Perempuan yang makan diet kaya tomat olahan ternyata terlihat meningkat perlindungan kulitnya. Dalam penelitian tersebut terlihat penurunan tingkat kemerahan kulit dan kerusakan DNA akibat dari paparan ultraviolet (UV).

Pada 20 perempuan, setengah dari mereka diberi lima sendok makan (55g) tomat pasta dengan 10 gr minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu. Setengahnya lagi hanya diberi minyak zaitun.

Hasilnya, ternyata para peneliti menemukan peningkatan yang signifikan hingga 33 % dalam kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap sinar UV pada mereka yang makan pasta tomat.

Ini hampir sama dengan efek jika seseorang menggunakan krim kulit yang mengandung SPF.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda