Scroll to Top

1000 Pekerja Pabrik Perakitan iPad Foxconn Mengamuk

By Baihaki / Published on Friday, 08 Jun 2012

pabrik perakitan ipad foxconn

Baru – baru ini dilaporkan telah terjadi kerusuhan di pabrik perakitan iPhone dan iPad milik Apple di Cina. Tak kurang 1000 pekerja pabrik Foxconn yang merupakan rekan Apple dalam perakitan iPhone dan iPad tersebut dilaporkan terlibat aksi kekerasan dengan para petugas keamanan.

Aksi kekerasan tersebut tepatnya terjadi di wisma pekerja yang terletak di Chengdu Cina. Aksi terjadi pada sekitar pukul 9 malam pada hari minggu menurut waktu setempat. Para pekerja melaporkan berbagai benda seperti botol bekas, kaleng, kursi hingga kembang api dari wisma pekerja yang terletak di lantai atas. Dikutip dari The Register, kerusuhan tersebut terjadi tak kurang dari 2 jam sebelum polisi datang ke tempat kerusuhan.

Awal kerusuhan terjadi ketika dua orang petugas keamanan berusaha untuk menangkap seorang pencuri. Dan, peristiwa tersebut pun dimanfaatkan oleh para pekerja Foxconn yang telah memendam banyak ketidakpuasan terhadap para petugas keamanan tersebut.

Namun pihak Foxconn mengungkapkan hal lain terkait kerusuhan tersebut. Mereka mengatakan bahwa kerusuhan terjadi antara para pekerja dengan salah seorang pemilik restoran di kota Chengdu. Selain itu, pihak Foxconn pun berusaha untuk lepas tangan dari permasalahan ini. Mereka mengatakan bahwa para petugas keamanan di wisma pekerja tersebut bukanlah para pekerja dari Foxconn. Para petugas keamanan tersebut merupakan pekerja outsourcing yang direkrut dari perusahaan pihak ketiga. Pihak Foxconn pun berjanji akan bekerja sama dengan polisi untuk mengusut tuntas mengenai permasalahan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda