Scroll to Top

Tidak Ada Recall Kia Rio di Indonesia

By Aditya Mahadika / Published on Friday, 08 Jun 2012

PT Kia Motor Indonesia memastikan tidak ada Kia Rio dan All New Rio yang masuk dalam daftar recall. Pemegang mereka pabrikan asal Korea itu mengatakan spesifikasi kedua model yang dijual di Indonesia berbeda.

Harian Amerika Serikat, The Washington Post, edisi 5 Juni 2012 lalu menulis tentang recall Rio. Disebutkan Rio masuk daftar pemanggilan kembali setelah The National Highway Traffic Safety Adiministration (NHTSA) Amerika menemukan dugaan keretakan pada sensor kantung udara (airbag) untuk tempat duduk penumpang depan sehingga tidak dapat mendeteksi keberadaan penumpang.

Disebutkan recall tersebut dilakukan untuk model Rio yang diproduksi di Amerika dalam kurun waktu Februari 2005 sampai Desember 2007.

KMI sebagai pemegang merek Kia di Indonesia menyatakan model Rio yang dipasarkan di Indonesia memiliki spesifikasi adalah berbeda. “Sehingga, baik model Rio maupun All New Rio yang beredar dan dipasarkan di Indonesia tidak mengalami permasalahan tersebut,” tulis KMI dalam keterangan persnya, Jumat, 8 Juni 2012.

Rio yang dipasarkan di Indonesia tidak dilengkapi fitur tersebut. Sedangkan All New Rio dilengkapi fitur airbag pada posisi duduk pengemudi.

KMI meluncurkan All New Rio dan All New Picanto pada Desember 2011. Sebelumnya mereka meluncurkan All New Sportage pada Mei 2011.

Untuk pasar Indonesia, Rio bersaing di pasar hatchback melawan Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2, Ford Fiesta, dan Chevrolet Aveo. KMI menawarkan dua model Rio yaitu All New Rio M/T dibanderol Rp 169.5 juta dan All New Rio A/T seharga Rp183.5 juta. Mobil dengan mesin Gamma CVVT 1,4 liter DOHC ini mendapat garansi 5 tahun atau 150.000 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda