Scroll to Top

Facebook Munculkan Preview Tautan, Hashtag, dan Username Twitter

By Ibnu Azis / Published on Friday, 08 Jun 2012

Sepertinya Facebook mulai ‘melunak’ terhadap Twitter. Ini bisa dilihat dari munculnya preview link, hashtag, dan username Twitter di news feed mereka. Seperti apa?

Bukan menjadi rahasia umum jika dua jejaring sosial ini menjadi musuh bebuyutan. Mereka berdua berkompetisi ketat dalam menjaring pengguna.

Sebelumnya, tiap kali pengguna men-share atau menghubungkan akun Twitter ke Facebook, tiap tweet yang mengalir di news feed Facebook tidak mendukung atau tersemat tautan.

Dengan demikian jika ada tautan sekalipun – termasuk hashtag – tetap akan terdeteksi sebagai teks (tidak bisa diklik). Namun kini Facebook telah mendukung link tersebut.

Tak hanya mendukung, Facebook bahkan menampilkan pratinjaunya. Seperti pada gambar di atas, tatkala saya membagikan tautan ke Facebook, jejaring sosial ini memberikan preview-nya.

Nantinya tampilan preview tersebut laiknya pratinjau saat kita membagikan tautan ke Facebook. Dan ini juga berlaku untuk username dan hashtag (keduanya juga mengandung link).

Apa maksud Facebook menerapkan layanan ini, bukankah dengan demikian akan semakin memanjakan pengguna Twitter atau bahkan menarik pengguna Facebook untuk berkicau?

Facebook dikenal sebagai perusahaan internet yang ‘pelit’ berbagi. Google misalnya yang terus bersabar agar Mark Zukerberg sudi berbagi data untuk produk Gmail mereka.

Dengan langkah baru ini bisa dikatakan Facebook mulai melunak. Atau bisa pula Facebook sengaja menyediakan layanan tersebut untuk memanjakan penggunanya yang aktif berkicau.

Apakah ini salah satu langkah inovatif Facebook agar tidak kehilangan pamor penggunanya? Bisa jadi demikian. Jika tidak, mungkin ramalan berakhirnya mereka di tahun 2020 nanti bisa menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda