Scroll to Top

Dengan ‘PLAN’ Obama Dapat Mengirim SMS Ke Seluruh Ponsel di US

By Andhika / Published on Friday, 13 May 2011

Barack Obama Sending MessagesPemerintah Amerika kini sedang membuat sebuah terobosan sistem peringatan Nasional, dimana nantinya Presiden Barack Obama bisa mengirim pesan peringatan ke seluruh ponsel di Amerika. Pesan tersebut tidak hanya datang dari Obama, namun juga bisa dari badan pemerintah maupun pihak berwenang setempat yang berkepentingan.

Secara teknis, mulai tahun depan setiap ponsel baru dan perangkat genggam lainnya akan dilengkapi chip khusus. Dengan chip tersebut, pemerintah bisa ‘menginterupsi‘ lalu lintas komunikasi lain demi memastikan pesan teks dari Presiden atau pemerintah tersebut sampai di ponsel tujuan tepat waktu.

Mengenai kontennya, sistem yang bernama PLAN (Personal Localized Alerting Network) ini akan berisi ancaman teror, bahaya bencana alam hingga mengenai anak yang hilang. Nanti user bisa memilih sendiri jenis peringatan yang diinginkan, namun peringatan dari Presiden Barack Obama adalah default.

Pro dan kontra masih berlangsung, namun kalangan pejabat pemerintah menyambut baik adanya sistem tersebut. Seperti komentar walikota New York, Michael Bloomberg yang mengatakan, “Pelajaran yang dipetik dari peristiwa 11 September adalah pentingnya mendapatkan informasi yang jelas dan akurat bagi publik selama situasi krisis“.

Ide sistem ini muncul saat melihat intensitas ancaman teror yang meningkat sejak tertembaknya Osama Bin Laden oleh pasukan khusus Amerika beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda