Scroll to Top

CT Scan pada Anak Bisa Sebabkan Kanker Otak dan Leukimia

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Jun 2012

ct scan anak

Sekali pun sudah terbukti aman, CT scan menimbulkan risiko peningkatan kanker otak atau leukemia pada anak-anak. Penggunaan CT scan untuk memindai berulang kali pada mereka meningkatkan risiko hingga tiga kali lipat. Demikian menurut studi yang dilakukan Univertas Newcastle pada 180 ribu pasien usia belia.

Tapi, peneliti tidak lantas menafikan fungsi utama CT scan. Hasil pemindaian dengan alat tersebut tetap lebih berguna dibanding risikonya. Namun, peneliti menyarankan, pemindaian sebaiknya hanya saat benar-benar diperlukan saja seperti halnya memindai dengan alat rontgen. Semakin sedikit terpapar radiasi, itu lebih baik.

Hasil pemindaian dengan CT scan memang lebih akurat. Pasalnya, tubuh dipindai dengan tabung sinar X di sekeliling tubuh untuk mendapatkan citra yang lebih baik dibanding rontgen. Hanya saja, pengaruh sinar X yang terlalu sering kena ke tubuh butuh waktu panjang dalam memengaruhi sel kanker menjadi ganas.

Untuk itulah peneliti meneliti data riwayat pasien dalam jangka panjang. Mereka meneliti catatan dari tahun 1985 – 2002 pada mereka yang berusia  di bawah 21 tahun, namun sering menjalani pemindaian dengan CT scan. Kemudian, mereka juga mempelajari kasus kematian kanker sampai tahun 2009.

“Kami menemukan peningkatan signifikan risiko leukemia dan tumor otak, menyusul pemindaian di masa anak-anak dan remaja,” ujar Dr Mark Pearce, epidemiologis pemimpin penelitian ini, seperti dikutip BBC.

Oleh karena itu, pemindaian dengan CT scan sebaiknya benar-benar dilakukan saat genting yang tidak bisa digantikan oleh metode lain. Peneliti menemukan adanya satu kasus tumor otak dari 10 ribu pemindaian yang dialami anak usia di bawah 10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda