Scroll to Top

Pergi ke Tempat Terpencil? Ini Tipsnya

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Jun 2012

ke tempat terpencil

Salah satu petualangan menantang adalah menginap di tempat yang terpencil. Apalagi, saat akses teknologi benar-benar minim di daerah tersebut, tantangan semakin menjadi. Karena, Anda akan dihadapkan pada suasana kehidupan sederhana dan harus mampu bertahan dengan kesederhanaan itu.

Hanya saja, berbekal diri ketika mengunjungi daerah terpencil itu perlu. Bagaimana pun juga, Anda mesti mempersiapkan diri dengan persiapan yang tepat kala bertandang agar tidak menimbulkan masalah yang terlalu pelik, terutama dengan masyarakat sekitar.

Dikutip dari Media indonesia, berikut ini tips yang sebaiknya Anda lakukan saat berkunjung ke daerah terpencil:

  • Sebelum Anda bertandang, kenali situasi daerah terpencil yang akan dikunjungi. Anda bisa mendapatkan informasi itu dari internet atau sumber lain yang bisa dipercaya. Gunakan bekal informasi ini untuk mempersiapkan berbagai hal selama berada di sana. Termasuk, pelajari budaya, adat, hingga kondisi wilayah di tempat tujuan.
  • Kalau hendak menginap, jangan lupa untuk meminta izin kepada kepala desa atau kepala adat setempat. Ini untuk menghindari adanya kecurigaan dari masyarakat setempat.
  • Kalau tidak ada tempat untuk menginap, seperti penginapan, biasanya kepala desa mengizinkan wisatawan untuk bermalam di rumahnya. Jadi, jika akses akomodasi benar-benar sulit, mungkin ada baiknya sekalian minta izin menginap di rumah kepala desa atau yang direkomendasikannya.
  • Kalau suatu wilayah terpencil sudah dijadikan kampung wisata, biasanya masyarakatnya juga dididik untuk sadar wisata. Sebagian masyarakat menjadikan rumahnya untuk menjadi tempat singgah wisatawan dengan biaya sewa yang terjangkau. Mereka juga akan menjadi pemandu selama di daerah tersebut. Jangan lewatkan hal ini untuk berinteraksi dengan kehidupan masyarakat sekitar. Informasi Anda tentang wilayah tersebut jadi semakin kaya.
  • Coba pelajari bahasa daerah yang berlaku di tempat tujuan. Minimal, kuasai kosakata yang bisa mengakrabkan Anda dengan penduduk. Misalnya, kosakata untuk kalimat menyapa, mengucapkan terima kasih, ucapan selamat pagi, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda