Scroll to Top

Persib: Ini Dia Menu Latihan Fisik Para Pemain

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 09 Jun 2012

Persib Bandung

Pagi tadi (Sabtu 9 Juni 2012), Persib Bandung kembali berlatih di Stadion Siliwangi Bandung dipimpin Robby Darwis seperti yang dilansir situs resmi klub.

Latihan diawali dengan pemanasan dan bermain bola tangan setengah lapangan selama 10 menit. Setelah beristirahat 5 menit, para pemain melanjutkan game kecil setengah lapangan tanpa kiper.

Latihan kombinasi ini dibagi menjadi 7 pos. Tiap pos memiliki materi berbeda. Adapun 7 pos yang menjadi materi latihan utama pagi hari ini adalah:

  • Pos 1: tapping sprint, tujuannya untuk kerja kaki dan reaksi.
  • Pos 2: passing reaction, tujuannya untuk reaksi saat menerima dan melakukan umpan cepat.
  • Pos 3: speed reaction, dengan jarak 3-5 meter pemain dilatih agar bisa bereaksi untuk berlari cepat.
  • Pos 4: skip, untuk kerja kaki.
  • Pos 5: jumping barrier, untuk kekuatan kaki.
  • Pos 6: ball heading, untuk reaksi sundulan.
  • Pos 7: speed velocity, kombinasi kecepatan dan penyelesaian akhir dengan target gawang.

Pelatih fisik Dino Sefriyanto membagi rata pemain di 7 pos yang rata-rata diisi oleh 4-5 pemain. Masing-masing waktu kerja di setiap pos adalah 1 menit untuk setiap pemain.

Dengan waktu istirahat antar pos 1 menit dan waktu istirahat antar serinya selama 5 menit. Materi latihan tersebut selanjutnya harus dilakukan sebanyak 2 seri oleh seluruh pemain.

Dilain pihak penasihat teknik Indra Thohir mengatakan bahwa Persib saat ini masih belum konsisten dalam permainan. Menurutnya, secara grafik permainan yang kerap naik turun ini dikarenakan banyak faktor dan tantangan yang membuat pemain belum bisa mempertahankan performa tim yang sudah terbangun dengan baik.

“Selain tantangan mental, fisik, teknik dan taktik, banyak aspek yang harus kita lihat seperti halnya kita sulit mempertahankan the winning team. Tapi, jika permasalahannya bukan di sana, kita tetap harus mempertahankan kebugaran pemain karena itu juga penting,” ungkap Indra Thohir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda