Scroll to Top

Prediksi Spanyol vs Italia: Euro 2012 Grup C, Minggu 10 Juni

By Wan Faizal / Published on Sunday, 10 Jun 2012

Italia

Ulangan partai perempat final Euro 2008 antara Spanyol vs Italia akan tersaji kembali di Arena Gdansk saat keduanya bertemu dalam laga pertama Grup C Euro 2012, Minggu (10/6/12) pukul 23.00 WIB. Aroma balas dendam sekaligus ambisi menghentikan hegemoni Spanyol akan diusung Gli Azzurri di laga nanti.

Empat tahun lalu, Italia harus melupakan mimpi meraih gelar juara setelah disingkirkan Spanyol 4-2 lewat drama adu penalti. Kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam 120 menit saat itu.

Maka tak heran ketika hasil undian mempertemukan mereka dengan Spanyol lagi, pelatih Cesare Prandelli mengatakan inilah saat yang tepat bagi Italia untuk mengalahkan juara dunia 2010 itu.

“Kami berada dalam mood yang baik dan berlatih dengan baik pula. Persiapan kami di latihan sejauh ini juga bagus. Jika kami bisa kompak di lapangan, kami bisa mengalahkan mereka,” ujar Prandelli.

“Kami harus ‘menyingkirkan’ Spanyol dari area kami. Mereka mungkin akan membuat kami sulit dengan penguasaan bolanya. Tapi jika kami bisa bermain seperti biasa, kami bisa bersaing dengan mereka.”

Prandelli harus memutar otak untuk masalah di lini belakangnya. Bek Andrea Barzagli masih harus mendapat perawatan untuk cederanya. Solusinya, kemungkinan Daniele De Rossi yang aslinya seorang gelandang bertahan akan dimainkan di posisi bek tengah.

“Kami mencoba beberapa opsi yang ada karena itu memang harus kami lakukan. Jika Daniele bermain di posisi itu, maka ia bisa berfungsi ganda bagi tim, sebagai bek sekaligus gelandang bertahan.”

Sayangnya, Italia harus segera menemukan peak performance mereka. Bukannya apa-apa, hasil tiga pertandingan uji coba sebelum ini selalu berakhir dengan kekalahan, yakni atas Uruguay, USA, dan Rusia.

Sementara itu pelatih La Furia Roja, Vicente del Bosque, mengingatkan anak asuhnya untuk tidak mengulangi kesalahan di laga pertama Piala Dunia 2010 lalu. Kala itu, Swiss mampu mengalahkan mereka dengan skor 1-0.

“Di dalam grup seperti ini, partai pertama akan sangat menentukan. Kami ingin meraih start yang bagus, namun lawan kami juga adalah tim yang tangguh,” ulasnya.

Meski begitu, Del Bosque yakin anak asuhnya bisa memenangi laga sengit nanti. Komposisi pemain yang tidak banyak berubah sejak Euro 2008 lalu menjadi kunci tersendiri bagi Spanyol. Kekompakan dan pengertian antar pemain tentu sudah terjadi.

“Kami memiliki skuad yang luar biasa, dan mereka kompak satu sama lain. Kami akan siap dengan apapun situasi yang akan terjadi malam ini.”

Perkiraan susunan pemain:

Spanyol (4-2-3-1): 1. Iker Casillas; 17. Alvaro Arbeloa, 15. Sergio Ramos, 3. Gerard Pique, 18. Jordi Alba; 16. Sergio Busquets, 14. Xabi Alonso; 8. Xavi Hernandez, 6. Andres Iniesta, 21. David Silva; 9. Fernando Torres. Pelatih: Vicente del Bosque

Italia (3-5-2): 1. Gianluigi Buffon; 19. Leonardo Bonucci, 16. Daniele De Rossi, 3. Giorgio Chiellini; 2. Christian Maggio, 6. Federico Balzaretti, 21. Andrea Pirlo, 18. Riccardo Montolivo, 8. Claudio Marchisio; 10. Antonio Cassano, 9. Mario Balotelli. Pelatih: Cesare Prandelli

Head to head:

11-08-2011: Italia 2-1 Spanyol

23-06-2008: Spanyol 4-2 Italia

27-03-2008: Spanyol 1-0 Italia

28-04-2004: Italia 1-1 Spanyol

29-03-2000: Spanyol 2-0 Italia

Prediksi SidomiNews: Spanyol (33%) Draw (34%) Italia (33%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda