Scroll to Top

Prediksi Irlandia vs Kroasia: Piala Eropa 2012 Grup C, Senin 11 Juni

By Wan Faizal / Published on Sunday, 10 Jun 2012

Irlandia

Pertarungan dua euforia yang berbeda akan menjadi bumbu tersendiri saat dua kuda hitam Grup C Euro 2012, Irlandia vs Kroasia, akan saling bentrok di Municipal Stadium Poznan, Senin (11/6/12) pukul 01.45 WIB. Irlandia yang kembali lagi ke turnamen besar setelah 10 tahun absen bertekad tidak ingin tersingkir lebih awal di Polandia-Ukraina kali ini.

Ya, Piala Dunia 2002 menjadi turnamen besar yang bisa diikuti Irlandia. Untuk level Piala Eropa, Irlandia malah telah absen selama 24 tahun! Maka, tak heran jika awak Irlandia ingin memberikan persembahan terbaik bagi negaranya.

“Saya ingat banyak banner terpampang di jalanan dan orang-orang berpesta disana. Untuk beberapa hal, ini mengingatkan saya pada tahun 2002 lalu,” ujar Robbie Keane.

“Jelas itu semua kenangan yang indah. Seperti ketika Piala Dunia 1990 silam saat Packie Bonner menepis tendangan penalti pemain Rumania, lalu David O’Leary mencetak gol. Dan sekarang saya bangga bisa mengikuti jejak mereka membawa negara ini ke turnamen mayor. Saya berharap di tahun-tahun berikutnya, ada anak-anak lain yang berkata seperti saya saat ini.”

Keane tentu menjadi kartu as bagi Irlandia di pertandingan nanti. Pengalaman dan kepemimpinannya tentu dibutuhkan oleh rekan-rekannya yang harus diakui minim bermain dengan tingkat tekanan yang berat.

Pelatih Giovanni Trapattoni sendiri mengatakan bahwa timnya tidak takut menghadapi Kroasia yang lebih dijagokan kali ini. Pelatih asal Italia itu yakin, gaya permainan Irlandia akan menyulitkan Kroasia.

“Kami memiliki gaya sepakbola dan karakteristik tersendiri. Kami memang tidak memiliki banyak pemain kreatif, namun semua pemain akan bermain habis-habisan. Jika kamu bisa memenagnkan pertandingan pertama, semuanya akan terasa lebih mudah,” ujarnya.

Kroasia sendiri juga menyadari tidak mudah untuk bisa mengalahkan Irlandia. Terlebih ada sosok Trapattoni sebagai juru taktik.

“Ia (Trapattoni) adalah Mr. Calcio, Juventus, dan Inter. Ia masih bisa memberikan yang terbaik sekalipun dengan tim sekelas Irlandia. Mereka selalu berlatih dengan bagus. Itu semua karena Mr. Trap,” puji pelatih Kroasia, Slaven Bilic.

Performa bagus yang ditunjukkan para pemainnya bersama klub masing-masing bisa dijadikan senjata tambahan bagi Bilic untuk membuka kesempatan lolos dari grup ini.

“Saya ingin bermain bagus bagi Kroasia, sama seperti saat di Everton. Kami menjalani sesi latihan yang bagus, dan semoga itu bisa menular saat melawan Irlandia,” terang Nikica Jelavic.

Perkiraan susunan pemain:

Irlandia (4-4-2): 1. Shay Given; 4. John O’Shea, 5. Richard Dunne, 2. Sean St. Ledger, 3. Stephen Ward; 6. Glenn Whelan, 8. Keith Andrews, 11. Damien Duff, 7. Aiden McGeady; 10. Robbie Keane, 9. Kevin Doyle. Pelatih: Giovanni Trapattoni

Kroasia (4-4-2): 1. Stipe Pletikosa; 5. Vedran Corluka, 13. Gordon Schildenfeld, 3. Josip Simunic, 2. Ivan Strinic; 6. Danijel Pranjic, 11. Darijo Srna, 10. Luka Modric, 7. Ivan Rakitic; 17. Mario Mandzukic, 9. Nikica Jelavic. Pelatih: Slaven Bilic

Head to head:

11-08-2011: Irlandia 0-0 Kroasia

17-11-2004: Irlandia 1-0 Kroasia

15-08-2001: Irlandia 2-2 Kroasia

02-06-1996: Irlandia 2-2 Kroasia

Prediksi SidomiNews: Irlandia (33%) Draw (34%) Kroasia (33%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda