Scroll to Top

Euro 2012: Beberapa Fakta Menarik Jelang Laga Irlandia vs Kroasia

By Wan Faizal / Published on Sunday, 10 Jun 2012

Kroasia

Partai kedua Grup C Euro 2012 yang mempertemukan Irlandia vs Kroasia di Municipal Stadium Poznan, Senin (11/6/12) pukul 01.45 WIB, mungkin dianggap sebelah mata. Maklum saja memang, keduanya bukanlah negara dengan tradisi apik di kancah sepakbola Eropa maupun dunia.

Irlandia misalnya, terakhir kali mereka bermain di turnamen besar adalah di Piala Dunia 2002 lalu. Bahkan untuk tingkat Piala Eropa, terakhir kali Irlandia berpartisipasi adalah 24 tahun silam! Sama saja dengan Kroasia, negara yang lebih sering berstatus sebagai kuda hitam di Eropa maupun dunia.

Namun, bukan berarti laga tersebut tidak menarik untuk disaksikan. Status tak diunggulkan yang disandang keduanya akan membuat laga berjalan menarik. Kemenangan menjadi harga mati sambil berharap Spanyol atau Italia terpeleset.

Berikut ini Sidomi tampilkan beberapa fakta menarik jelang laga Irlandia vs Kroasia:

Irlandia:

  • Irlandia tak terkalahkan dalam 14 pertandingan internasional terakhir. Kekalahan terakhir mereka derita pada 29 Maret 2011 saat kalah 3-2 dari Uruguay.
  • Giovanni Trapattoni adalah pelatih tertua di Euro 2012 ini dengan usia 73 tahun. Pelatih asal Italia yang lahir pada 17 Maret 1939 itu mengalahkan rekor pelatih tertua sebelumnya yang dipegang oleh Otto Baric (Kroasia, 71 tahun) pada Euro 2004 lalu.
  • Jika terus dimainkan dalam tiga laga penyisihan grup, Damien Duff akan menjadi pemain kelima Irlandia yang menyentuh 100 caps. Empat pemain sebelumnya adalah Shay Given, Robbie Keane, Kevin Kilbane, dan Steve Staunton.
  • Paul Green menjadi satu-satunya pemain yang tidak memiliki klub di Euro 2012 ini. Kontraknya tidak diperpanjang oleh Derby County.
  • Trapattoni melakukan dua pergantian pemain jelang turnamen dimulai. Kevin Foley dan Keith Fahey yang mengalami cedera digantikan oleh Paul McShane dan Paul Green.
  • Hanya ada dua pemain Irlandia di skuad Euro 2012 ini yang tidak bermain di daratan Britannia. Mereka adalah Aiden McGeady (Spartak Moscow) dan Robbie Keane (LA Galaxy).
  • Ada empat pemain Irlandia saat ini yang juga menjadi bagian dari skuad Piala Dunia 2002 lalu, yakni Given, Keane, Duff, dan Richard Dunne.
  • Dari 23 pemain saat ini, tak ada satupun yang memiliki pengalaman bermain di Piala Eropa. Keane dan Dunne hanya pernah bermain di Piala Eropa U-18 pada 1998. Sementara John O’Shea ikut ambil bagian di Piala Eropa U-16 di tahun yang sama.

Kroasia:

  • Kroasia hanya mampu menang sekali dalam empat laga uji coba terakhir sebelum Euro 2012 dimulai.
  • Josip Simunic berkesempatan menemani Dario Simic yang telah mencapai 100 caps. Saat ini, catatan bermain Simunic masih berada di angka 95.
  • Ada tiga pemain Kroasia saat ini yang belum pernah mengecap caps di pertandingan resmi, yakni Ivan Kelava, Danijel Subasic, dan Jurica Buljat. Dua nama terakhir hanya pernah bermain di laga persahabatan.
  • Pelatih Slaven Bilic mengganti dua pemainnya yang cedera jelang turnamen dimulai. Ivica Olic dan Ivo Ilicevic digantikan oleh Nikola Kalinic dan Sime Vrsaljko.
  • Euro 2012 akan menjadi pengalaman ketiga bagi Darijo Srna dan Simunic bermain di turnamen terbesar antar negara Eropa. Mereka akan menyamai catatan Simic.
  • Ada 10 pemain Kroasia yang juga menjadi bagian dari skuad Euro 2008. Mereka adalah Srna, Simunic, Kalinic, Stipe Pletikosa, Vedran Corluka, Danijel Pranjic, Niko Kranjcar, Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Ognjen Vukojevic.
  • Setelah gelaran Euro 2012 ini selesai, Slaven  Bilic memutuskan untuk berhenti mengangani Timnas Kroasia. Ia lebih tertarik untuk melatih FC Lokomotiv Moscow.
  • Setelah berpisah dari Yugoslavia, Kroasia baru berpartisipasi tiga kali di Piala Eropa, yakni pada 1996, 2004, dan 2008. Uniknya, dalam tiga turnamen tersebut, Kroasia selalu mencetak empat gol di fase grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda