Scroll to Top

Spanyol vs Italy 1:1, 3 Aktor di Balik Kesuksesan Italy

By Naqib Najah / Published on Monday, 11 Jun 2012

Spanyol 1-1 Italia

Euro 2012 Spanyol vs Italy baru saja usai. Pertandingan Euro 2012 di grup C yang mempertemukan dua tim dengan tradisi sepabola kuat itu, berakhir dengan skor imbang 1:1.

Jauh-jauh hari sebelum pertandingan digelar, banyak prediksi yang mengarah pada kubu Spanyol. Timnas yang dikabarkan tidak harmonis sebab persaingan pemain antara Real Madrid dan Barcelona ini, digadang-gadang bakal menekuk kekatan Azzurri.

Kenyataan berbicara lain. Setelah kick off dibunyikan, Spanyol tampak kesulitan mengembangkan permainannya. Bahkan pada 23 menit pertama, Italy cenderung bermain lepas dan berulangkali mengancam gawang Iker Casillas.

Siapa aktor di balik kesuksesan Italy menahan gempuran kolektifitas Spanyol?

Jawabannya tidak jauh-jauh dari duo Juventus, Gianluigi Buffon, Andrea Pirlo, serta gelandang As Roma, De Rossi.

Buffon bahkan menjadi man of the match pada laga tersebut. Enam penyelamatan gemilang dilakukan kiper kelahiran Carrara, 28 Januari 1978 ini.

Pada babak pertama, Buffon tidak terlalu kerepotan menjaga gawangnya. Total hanya 2 penyelamatan di sesi awal tersebut. Barulah pada babak kedua, Buffon mendapat gempuran setelah masuknya Fernando Torres menggantikan Cesc Fabregas.

Andrea Piro memberikan kontribusinya dengan mengatur lapangan tengah Italy. Pirlo begitu seimbang dalam menyerang maupun bertahan. Bahkan beruangkali pemain ini melakukan sliding tackle saat berebut bola dengan Xavi Hernandez dan Xabi Alonso. Puncak kontribusi Pirlo terlihat lewat umpan sodorannya terhadap Di Natale yang berbuah gol untuk Italy.

Yang terakhir adalah De Rossi. Dia ditarik ke belakang menggantikan posisi Barzagli yang masih cedera. Hasilnya, De Rossi cukup sukses mematahkan umpan-umpan tiki-taka dari Xavi, Silva, serta Iniesta.

Pemain kelahiran Roma, 24 Juli 1983 ini pun menjadi trending topic berkat permainan disiplinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda