Scroll to Top

PlayStation 4 Akan Ditenagai Oleh AMD APU

By Ditya / Published on Monday, 11 Jun 2012

PlayStation 4 Concept

Setelah menculnya konsol Nintendo Wii U di ajang E3 lalu, kini muncul kabar mengenai spesifikasi detail dari konsol tercanggih Sony, PlayStation 4 yang dikabarkan menggunakan AMD APU.

Konsol yang menggunaka kode nama “Orbis” ini berbeda dengan PlayStation 3 yang menggunakan prosesor Cell Broadband, PlayStation 4 menggunakan AMD APU (Accelerated Processing Unit) untuk prosesornya.

Agak berbeda dengan APU AMD yang beredar di pasar PC desktop, APU yang digunakan Sony PlayStation 4 ini menggunakan kode nama “Liverpool” yang memiliki 4 inti atau quad-core dengan kecepatan 3,2GHz.

Seperti yang dikutip dari TG Daily, APU AMD memang merupakan gabungan dari prosesor (CPU) dan grafis (GPU) menjadi sebuah chip, namun Sony dikabarkan menggunakan grafis yeng terpisah dari grafis Bawaan APU AMD atau sering disebut discrete graphics.

Sony PlayStation 4 akan menggunakan grafis terpisah yang juga masih keluarga grafis AMD Radeon. Grafis yang digunakan berbasis AMD Radeon HD7970 yang menggunakan teknologi arsitektur terbaru AMD GCN (Graphics Core Next) yang diyakini akan menghasilkan kemampuan grafis dan komputasi yang luar biasa.

PlayStation 4 dikabarkan masih dilengkapi fitur blu-ray drive, port HDMI dan dukungan untuk memutar video definisi tinggi 1080p.

Berikut spesifikasi Sony PlayStation 4 yang dikutip dari PSX sense.

  • Prosesor AMD Fusion APU “Liverpool”,  quad-core dengan kecepatan 3,2GHz.
  • 2 – 4GB unified memory.
  • Grafis AMD R10xx 800MHz, berbasis Radeon HD 7970.
  • Drive Blu-ray.
  • HDMI 1.4, HD Video 1080p.
  • Hardisk dengan kapasitas 320GB atau lebih.
  • Memori flash 16GB.

Sampai saat ini, Sony belum menanggapi secara resmi mengenai spesifikasi konsol tercanggihnya yang telah beredar di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda