Scroll to Top

Ukraina vs Swedia: Misi Ukraina Mematahkan Rekor Buruk Tuan Rumah

By Wan Faizal / Published on Monday, 11 Jun 2012

Ukraina

Salah satu tuan rumah Euro 2012, Ukraina, akan segera melakoni laga perdananya di Grup D dengan menghadapi Swedia di NSC Olimpiyskiy Kyiv, Selasa (12/6/12) pukul 01.45 WIB. Kemenangan, selain berhadiah tiga poin bagi Ukraina, juga akan memutus kutukan buruk tuan rumah Euro sejak tahun 2004 lalu.

Sejak Euro 2004 lalu, tuan rumah selalu gagal meraih kemenangan di laga perdananya. Bahkan tim sekelas Portugal juga gagal meraih tiga angka di laga perdana.

Kala itu Portugal yang berstatus tuan rumah dikejutkan oleh Yunani di laga pertama mereka. Dua gol Giorgios Karagounis dan Angelos Basinas hanya bisa dibalas satu oleh lesatan Cristiano Ronaldo.

Rekor buruk tuan rumah berlanjut di Euro 2008 yang saat itu digelar di Austria dan Swiss. Gol tunggal Vaclav Sverkos dari Republik Ceko menghempaskan Swiss kala itu.

Sementara Austria juga bernasib sama. Membuka laga dengan melawan Kroasia, Austria yang saat itu dilatih oleh Josef Hickersberger takluk 0-1 lewat gol Luka Modric.

Hasil lebih baik diperoleh rekan Ukraina yang juga menjadi tuan rumah Euro 2012 ini, yakni Polandia. Jakub Blaszczykowski dkk ditahan imbang oleh Yunani 1-1. Sempat unggul lewat gol Robert Lewandowski, Polandia harus gigit jari setelah Dimitris Salpingidis mampu menyamakan skor.

Polandia bahkan nyaris kalah di pertandingan yang digelar beberapa hari lalu tersebut. Pelanggaran Wojciech Szczesny terhadap Salpingidis di kotak penalti tak hanya berbuah kartu merah baginya, namun Yunani juga mendapat hadiah penalti. Beruntung kiper pengganti, Przemyslaw Tyton, mampu menepis sepakan 12 pas Karagounis.

Kini, menarik untuk dinanti apakah Ukraina mampu memutus rekor buruk tersebut. Mengingat Swedia juga bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda