Scroll to Top

Yuk, Liburan ke Museum Kerang di Bali

By C Novita / Published on Monday, 11 Jun 2012

Musim liburan ini, Anda yang bepergian ke Bali sebaiknya mengunjungi sebuah museum unik di sana. Namanya Bali Shell Museum, atau Museum Kerang Bali. Museum ini memang baru berdiri dan hanya satu-satunya di Indonesia, tepatnya ada di Jalan Sunset, Kuta.

Bentuk atap bangunannya unik mengingatkan kita pada Keong Emas, sebab berbentuk mirip cangkang kerang. Berdiri pada tanah seluas 1.500 meter persegi, museum ini agak kurang terlihat sebab menyerupai ruko alias rumah toko.

Namun, isi museum unik ini sangat lengkap oleh berbagai macam koleksi kerang dari seluruh dunia. Mulai dari yang sudah berbentuk fosil usia ratusan tahun, sampai yang ukurannya luar biasa besar, ada di sana.

Misalnya fosil kerang pipih raksasa Orthoceras yang usianya sudah 395 tahun. Atau Crinions yang panjang diameternya 1,4 meter. Juga ribuan jenis kerang lainnya yang tentu indah dan belum pernah Anda saksikan sebelumnya.

Penggagas museum tersebut bernama Stephen, yang juga pemilik dari museum sejenis di Thailand, Prancis, Jepang, dan Amerika serta Filipina. Sayangnya, ia bukan warga negara Indonesia.

Ia konon menghabiskan biaya hingga Rp.6 miliar untuk membangun museum kerang tersebut. Tak heran, sebab bangunan museum itu terlihat megah dan terdiri atas 3 lantai dengan penataan yang artistik dan indah.

Biaya tiket masuk per orang adalah Rp. 50.000. Lumayan mahal, namun sesuai dengan banyaknya ilmu yang didapat di dalam museum kerang Bali itu.

 

Sumber foto; Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda