Scroll to Top

Pembuat Virus Flame Dan Stuxnet Saling Berhubungan?

By Ditya / Published on Monday, 11 Jun 2012

Flame - Ancaman Cyber Attack Terbesar Abad Ini

Setelah mengirimkan kode bunuh diri untuk menghilangkan jejak, virus Flame disinyalir memiliki kemiripan dengan virus Stuxnet yang terlebih dahulu muncul.

Stuxnet adalah virus yang baru-baru ini dikabarkan dibuat oleh kerjasama Amerika Serikat dan Israel dalam rangka melumpuhkan fasilitas nuklir Iran, lalu bagaimana dengan virus Flame?

Flame yang beberapa waktu lalu menyebar di wilayah Timur Tengah ini sampai sekarang belum diketahui siapa pembuatnya dan apa motif pembuat virus canggih ini?

Para peneliti dari perusahaan keamanan Kaspersky Lab menemukan bahwa ada bagian-bagian dari malware Flame yang memiliki kemiripan dengan virus Stuxnet yang menyerang pengguna komputer tahun 2010 lalu.

Salah satu kesamaan yang dimiliki Flame dan Stuxnet ini adalah menghilang tanpa jejak dan inilah yang baru disadari peneliti Kaspersky Labs.

Selain itu, kode-kode penyusun virus Flame dan Stuxnet dinilai memiliki beberapa kemiripan, sehingga muncul 2 spekulasi dikalangan peneliti kemanan yang memperkirakan pembuat Flame dan Stuxnet adalah tim yang sama atau dua tim yang saling bekerja sama membuat kedua virus tersebut.

“Kode sumber sebuah perangkat lunak adalah kepemilikian utama dan sumber penghasilan pembuat perangkat lunak. Anda tentu tidak mau membagi sumber penghasilan.”

“Hal ini menegaskan bahwa proyek-proyek tersebut (Flame dan Stuxnet) dikembangkan secara paralel dan ini ditugaskan oleh entitas yang sama,” kata Roel Schowenberg, peneliti Kaspersky Lab.

hal ini diperkuat dengan temuan peneliti pada bagian modul “207” yang digunakan untuk menginfeksi perangkat penyimpanan USB oleh Stuxnet, dan ini juga ditemukan di virus Flame.

Para peneliti Kaspersky menyimpilkan bahwa Flame dan Stuxnet saling berhubungan satu sama lain dan dibuat oleh tim yang sama dan dengan tujuan yang sedikit berbeda.

Roel Schowenberg juga menjelaskan perbedaan antara Flame dan Stuxnet. Virus Stuxnet lebih mengarah pada aksi sabotase dan Flame lebih mengarah pada aksi spionase untuk mengumpulkan data.

Seperti yang dikutip dari Venture Beat, peneliti akan terus bekerja keras untuk mencari informasi terkait misteri hubungan antara virus Flame dengan virus Stuxnet yang memiliki banyak kemiripan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda