Scroll to Top

Euro 2012: Brace Pertama Andriy Shevchenko Sejak 2004

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

Shevchenko, Ukraina 2-1 Swedia

Senin (11/6/12) waktu Ukraina, atau Selasa dini hari WIB, menjadi hari yang cukup membahagiakan bagi sepakbola Ukraina. Mengawali laga perdana mereka di Grup D Euro 2012, Ukraina mampu menekuk Swedia lewat dua gol Andriy Shevchenko.

Dua gol dalam satu pertandingan, atau yang biasa disebut brace, ini menjadi yang pertama bagi Sheva sejak 2004 lalu. Terakhir kali Sheva melakukannya di partai resmi (non persahabatan) adalah pada tahun 2004 lalu.

Saat itu, Ukraina bermain melawan Turki di kualifikasi Piala Dunia 2008 Zona Eropa. Bermain di depan publik lawan, Ukraina menang 0-3 dimana Sheva menyumbang brace saat itu. Satu gol Ukraina lainnya dicetak oleh Oleg Gusiev.

Dua gol lawan Swedia tersebut seakan juga menjadi jawaban atas kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Oleg Blokhin padanya. Patut dicatat, dalam lima laga uji coba sebelum Euro 2012 ini dimulai, tak sekalipun Sheva dimainkan sejak menit awal.

Blokhin lebih sering mempercayakan lini depannya pada Mario Devic, Andriy Voronin, atau Artem Milevskiy sejak menit awal dalam lima laga tersebut. Terakhir kali Sheva merasakan tampil sejak menit pertama adalah saat beruji coba melawan Jerman, 11 November 2011 lalu.

Kini, menarik untuk dinanti kontribusi Sheva selanjutnya bagi negaranya. Pada pertandingan berikutnya, Ukraina akan menantang Prancis di Donbass Arena pada tanggal 15 Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda