Scroll to Top

Memakai Helm itu Demi Keselamatan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

pengendara tanpa helm

Beruntunglah di Indonesia masih diberikan aturan ketat untuk memakai helm bagi pengendara sepeda motor. Aturan ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk menjaga keselamatan pengendara. Tidak percaya?

Dibandingkan dengan negara yang membuat aturan longgar soal kewajiban memakai helm, terlihat jauh berbeda hasilnya dalam urusan keselamatan. Sejenak mari melongok di Amerika Serikat. Di sana, pengendara motor tidak wajib memakai helm. Mau pakai boleh, tidak pakai monggo saja. Kenyataannya, pengendara yang tidak memakai helm saat berkendara di AS, banyak yang tercatat meninggal dunia kala mengalami kecelakaan.

Menurut rilis situs FairWarning, kecelakaan yang melibatkan motor di AS akibat tidak pakai helm, jumlah korban meninggal semakin mengkhawatirkan. Bahkan, situs tersebut mengatakan makin parah dalam 30 tahun terakhir.

Melihat dari perhitungan data, rilis yang dikeluarkan NHTSA menunjukkan  tren kecelakaan yang melibatkan sepeda motor makin naik. Kebanyakan merenggut korban yang meregang nyawa. Badan keselamatan lalu lintas di AS itu mengatakan pertumbuhan korban naik dua kali lipat. Data antara tahun 1997 hingga 2010 naik dua kali lipat. Dari mulanya “hanya” 2.116 orang menjadi 4.502 orang yang meninggal karena hal ini.

Tidak semua negara bagian di AS memberlakukan kewajiban untuk memakai helm. Hanya 19 negara bagian yang memberlakukan aturan pakai helm.

Dengan membaca data ini, memang sebaiknya tidak meremehkan fungsi helm walaupun perjalanan hanya dalam jarak dekat yang tidak dalam pantauan polisi lalu lintas. Memakai helm untuk berkendara adalah soal kesadaran diri terhadap pentingnya keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda