Scroll to Top

Euro 2012: Alex Oxlade-Chamberlain Termuda Keenam di Piala Eropa

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

Alex Oxlade-Chamberlain, Prancis vs Inggris

Pertandingan antara Prancis vs Inggris di Grup D Euro 2012 semalam menjadi kenangan indah tersendiri bagi pemain muda Inggris, Alex Oxlade-Chamberlain. Bagaimana tidak, di usia yang baru menyentuh 18 tahun, ia sudah melakoni debut bagi Inggris di turnamen sekelas Piala Eropa. Tak heran jika namanya pun masuk buku rekor.

Chamberlain menjadi pemain termuda keenam yang melakoni debut di Piala Eropa dengan usia 18 tahun dan 301 hari. Ia juga menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah Inggris yang melakoni debut di Euro.

Lima nama yang “mendahului” Chamberlain adalah Jetro Willems (Belanda/18 tahun, 71 hari), Enzo Scifo (Belgia/18 tahun, 115 hari), Valeri Bozhinov (Bulgaria/18 tahun, 136 hari), Johan Vonlanthen (Swiss/18 tahun, 137 hari), dan Wayne Rooney (Inggris/18 tahun, 232 hari).

Maka, tak heran jika puja-puji mengalir dari manajer Roy Hodgson dan beberapa rekannya di Timnas Inggris. Apalagi Chamberlain tampil lumayan apik di partai itu.

“Semua bermain baik sebagai tim. Tiap pemain melakukan yang terbaik di pertandingan tersebut. Ia (Chamberlain) harus senang dengan performanya,” ujar Hodgson.

“Kami puas dengan poin yang kami raih. Para pemain muda juga bermain apik. Chamberlain menunjukkan bahwa ia bisa bermain di level ini. Bermain dengan pemain berpengalaman membuatnya cepat belajar,” tambah kapten Steven Gerrard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda