Scroll to Top

Anda Kecanduan Media Sosial?

By Aisyah Indarsari / Published on Thursday, 21 Jul 2011

Merasa ada yang kurang jika sehari saja tidak update status di Facebook? Atau selalu penasaran menunggu status Anda di retweet? Hati-hati, jangan-jangan Anda sudah kecanduan media sosial.

Pelajari gejalanya! Inilah beberapa ciri orang-orang yang kecanduan media sosial seperti yang di rangkum oleh Column Five dan dikutip dari viralblog.com:

1. Bicara Bahasa Twitter

Jika seseorang bertanya pada Anda, Anda lebih sering menjawab tidak lebih dari 140 kata. Bahkan menurut Anda terlalu banyak bicara dan basa-basi merupakan suatu hal yang membosankan dan tidak penting. Tidak salah jika Anda berfikir demikian, akan tetapi dalam bersosialisasi didunia nyata, hal ini terkadang yang bisa mencairkan suasana menjadi lebih menyenangkan.

2. Selalu Siap Dengan Jempol Anda

Sadar atau tidak, dalam banyak percakapan yang membutuhkan tanda persetujuan, bukannya mengangguk, Anda justru lebih sering menunjukkan jempol Anda. Inilah yang terjadi jika Anda terlalu sering memberikan jempol “like” Anda di Facebook. Mungkinkah Anda kontributor terbesar pada hasil statistik “like” Facebook yang berjumlah 50 juta perharinya?

3. Depresi Retweet

Terkadang Anda menunjukkan gejala-gejala depresi ketika Anda mengetahui tweets Anda tidak cukup di retweet teman-teman Anda. Hal yang sama juga terjadi jika status Anda di Facebook tidak di “like”, atau posting Anda di Tumblr tidak di reblog.

4. Mengganti Tertawa Dengan “LOL”

Kata-kata LOL atau Laugh Out Loud yang berarti tertawa sekencang-kencangnya mulai sering Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika Anda merasa ada sesuatu yang lucu, alih-alih tertawa, Anda hanya tertawa kecil sambil mengucapkan kata LOL.

5. Penimbun Produktif

Seorang penimbun biasanya suka menimbun barang-barang tidak berguna dalam sebuah box. Tetapi dalam hal ini, Anda memiliki beberapa akun media sosial, bahkan satu situs dengan beberapa nama akun sekaligus, dan tetap menyimpan mereka walaupun Anda tidak terlalu populer disana. Sambil terus berharap, suatu hari Anda akan populer dengan akun Anda tersebut.

6. Walikota/“Mayor” Tertinggi

Anda mungkin telah meraih jabatan Walikota/”Mayor” di banyak tempat. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda tidak keberatan memutar rute hanya agar Anda bisa check-in di banyak tempat sekaligus. Jangan-jangan Anda jadi sering diusir pihak keamanan karena berkeliaran tidak jelas?

7. Petani Palsu

Anda terkadang bingung antara kenyataan dengan dunia maya. Meskipun mungkin Anda petani terbaik di Farmville, bukan berarti Anda akan dengan mudah mengaplikasikannya dengan baik di dunia nyata. Lain lagi jika Anda berencana membuat peternakan maya dengan brand Anda seperti milik Lady Gaga.

8. Temperamental

Anda akan mulai sering mudah uring-uringan, apalagi saat koneksi hubungan internet Anda mulai lambat, atau ada masalah teknis dengan situs media sosial Anda.

9. Kecanduan Gadget

Anda banyak mengalokasikan pendapatan Anda untuk gadget-gadget terbaru, bahkan mungkin lebih dari satu, yang bisa memungkinkan Anda untuk dengan mudah meng-update status dimana saja dan kapan saja.

10. Offline Complex

Waktu yang lebih banyak Anda habiskan di dunia sosial maya membuat Anda canggung jika harus bersosialisasi di dunia nyata. Sehingga Anda menunjukkan gejala Offline Complex, dimana Anda kurang berinteraksi aktif dalam pergaulan seakan-akan Anda sedang offline.

Mungkin masih banyak lagi ciri-ciri yang secara tidak sadar muncul karena kebiasaan kita berinteraksi di media sosial. Ada sebagian bermanfaat baik, tetapi ada juga yang sebaiknya dihindari atau dihilangkan. Karena bagaimanapun juga, kehidupan sosial yang nyata inilah yang membuat kita hidup dan berkembang seperti sekarang. Jadi, Anda harus bisa lebih bijaksana menyikapinya. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda